Lawan Disinformasi, Wujudkan Pemilu Berkualitas – Kendari Pos
Politik

Lawan Disinformasi, Wujudkan Pemilu Berkualitas

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) berharap tidak adalagi disinformasi, dengan sengaja untuk membingungkan orang lain dalam pelaksanaan Pilkada atau pemilu. Pertarungan hajatan demokrasi tak berkelas mesti dihentikan.

Proses pelipatan surat suara saat Pilkada serentak

Anggota Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan, sudah saatnya semua pihak bangkit dari pertarungan-pertarungan (pilkada/pemilu) yang tidak berkelas. Diharapkan menjadi pertarungan berkelas. Dia mencontohkah maksud dari pertarungan berkelas yaitu dengan melihat rekam jejak calon dan visi-misi calon tersebut.

“Seperti melihat rekam jejak calon, rekam jejak caleg, bagaimana calon itu hidup di tengah masyarakt dan itu penting dan sangat penting dan bagaimana keberpihakannya terhadap masyarakat, dan dengan isu-isu perempuan,” ujarnya, Rabu (7/4).

Selain itu, Bagja juga mengajak tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat ikut menyadarkan masyarakat tentang bahayanya berita bohong. “Kita bekerjasama dengan ini yang paling ahli adalah ahli gama, tetapi isu pelanggarannya ada di Bawaslu,” jelasnya.

Perlu diketahui, dalam Peraturan Bawaslu (Perbawaslu) Nomor 28 tahun 2018 dalam Pasal 27 ayat (1) pengawasan media sosial yang dilakukan oleh peserta pemilu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 19 ayat (1) huruf e dilakukan dengan memastikan akun media sosial paling banyak 10 (sepuluh) untuk setiap jenis aplikasi dan mendapatkan daftar akun media sosial dari KPU sesuai dengan tingkatannya.

Lalu, ayat dua, selain melakukan pengawasan akun media sosial yang didaftarkan di KPU, Bawaslu juga melakukan pengawasan akun media sosial yang tidak didaftarkan. “Kita mengawasi akun media sosial yang didaftarkan ke KPU dan mengawasi akun media sosial selain yang didaftarkan ke KPU,” tutur dia. (fin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy