Kemenkeu Setujui Pinjaman Pemkot Baubau Rp 195,848 Miliar – Kendari Pos
Bau-bau

Kemenkeu Setujui Pinjaman Pemkot Baubau Rp 195,848 Miliar


KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia telah mengeluarkan rekomendasi persetujuan pengajuan pinjaman Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau kepada Bank Sulawesi Tenggara (Sultra). Nominal pinjaman yang direstui sebesar Rp 195,848 miliar dari angka kredit awal Rp 200 miliar. Selanjutnya Pemkot bersama BPD akan melakukan penandatanganan akad.

“Kedua rekomendasi dari pusat sudah keluar. Sekarang posisinya ada di Bank Sultra dalam proses menuju akad,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Baubau Andi Hamzah Machmud, Kamis (29/4). Berkaitan dengan agenda penandatanganan kontrak itu, semestinya akan dilakukan awal pekan lalu. Hanya saja ditunda karena adanya agenda dari kedua belah pihak yang tidak bisa ditinggalkan. “Disepakati nanti Senin (3/5) di Kendari. Semua proses administrasi akan selesai Senin, tinggal nanti akan ada di Dinas PUPR sebagai pelaksana teknisnya. Selanjutnya kapan dan bagaimana saya kira semua akan ada proses lelang,” sambung Andi Hamzah Machmud.

Dinas PUPR Kota Baubau mengaku segera menindaklajuti realisasi pijaman tersebut. Segala proyek yang sebelumnya telah direncanakan akan dikerjakan dengan dana pinjaman itu akan segera direalisasikan. “Sekarang ada di Unit Layanan Pengadaan (ULP) dan sementara dilakukan kajian ulang semua administrasinya. Saya berharap minggu ini sudah bisa tayang,” katanya.

Semangat pengajuan pinjaman yang dilakukan Pemkot Baubau kepada Bank Sultra adalah untuk menuntaskan sejumlah mega proyek pembangunan Wali Kota Baubau, AS Tamrin. Mulai dari jalan lingkar, gedung PO5, dan terminal terintegrasi. “Yang jalan lingkar sudah pasti (prioritas dikerjakan). Tinggal pelaksanaannya saja. Karena perencanaan sebelumnya sudah pernah ada. Kalau untuk dua bangunan gedung itu kemungkinan nanti akhir tahun baru dilelang fisiknya. Tapi untuk perencananya sudah berjalan juga. Jadi kita fokus itu untuk tahun ini,” sambungnya.

Andi Hamzah menambahkan, soal pengerjaan jalan lingkar akan dituntasnya sepenuhnya. Pihak Dinas PUPR mengejar panjang jalan yang bisa dilalui. “Itu dulu. Nanti ke depan akan kita perbaiki sesuai dengan kebutuhan. Karena kalau jalan tidak tembus antara titik nol dengan nol maka tidak ada gunanya. Sama saja bohong. Yang pasti ruas Wolio, Bungi sampai dengan Betoambari bisa tembus. Kemudian akan ada pengerjaan jembatan yang menghubungkan antara Betoambari, Wolio, Sorawolio dan Bungi,” tandasnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy