Jalan Labuan-Torombia Diaspal Hotmix – Kendari Pos
Buton Utara

Jalan Labuan-Torombia Diaspal Hotmix

KENDARIPOS.CO.ID– 13 tahun menjadi daerah otonomi baru, masalah pembangunan infrastruktur di Kabupaten Buton Utara (Butur) masih menjadi problem. Ratusan kilometer jalan belum teraspal dan puluhan jembatan berkonstruksi kayu, nyaris roboh. Masyarakat di daerah berjuluk Lipu Tinadeakono Sara itu terus mengeluhkan kondisi jalan berlubang dan rawan terjadi kecelakaan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah menggelontorkan anggaran miliaran rupiah untuk pembenahan jalan dengan pengaspalan memanfaatkan dana alokasi khusus (DAK) maupun dana alokasi umum (DAU). Panjang jalan dibenahi mencapai seratusan kilo meter untuk lima tahun terakhir. Sayangnya, kualitas pengaspalan masih jauh dari kata layak. Tahun ini diaspal, tahun mendatang rusak.

Wawan Wardaya

Kini, pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur melakukan terobosan baru dengan meningkatkan kualitas penggunaan pengaspalan menggunakan material hotmix. “Pembenahan jalan tahun ini memakai aspal hotmix,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur, Wawan Wardaya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (19/4).

Wawan Wardaya menambahkan, tahun ini mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 10 miliar untuk membenahi ruas jalan Labuan-Torombia. Dengan dana tersebut bisa mengaspal jalan sepanjang 3,5 kilo meter. “Kualitas pengerjaan pengaspalan jalan diprioritaskan,” tegasnya.
Mantan Kabid Bina Marga Butur itu berharap, perusahaan yang memenangkan lelang bisa mengerjakan proyek pengaspalan jalan dengan baik. Pihaknya, akan turun langsung ke lapangan untuk melakukan pemantauan langsung agar tak dikerja asal-asalan. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy