DPRD Sebut Jalan Andoolo-Tinanggea Hanya Difungsionalisasi – Kendari Pos
Politik

DPRD Sebut Jalan Andoolo-Tinanggea Hanya Difungsionalisasi

KENDARIPOS.CO.ID– Jalur Andoolo-Tinanggea tak bisa dilalui mobil sejak 4 April lalu. Warga Kecamatan Tinanggea melakukan aksi blokade jalan dengan menumpuk bebatuan di kawasan Kelurahan Ngapaaha-Lalonggasu. Langkah itu dilakukan warga untuk meluapkan kekesalan lantaran pemerintah tak melakukan pembenahan.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi III DPRD Sultra Suwandi Andi mengatakan, Januari lalu, ia berkunjung ke Kelurahan Ngapaaha-Lalonggu dan menyepakati jalan akan segera diperbaiki. Namun tahun ini (2021, red) belum bisa dilakukan pengaspalan. Hanya bisa dilakukan fungsionalisasi. Sebab porsi anggaran yang ada sangat terbatas.

“Kami sudah rapat dengan dinas terkait untuk dilakukan fungsionalisasi. Dalam waktu dekat akan segera dikerjakan. Untuk proyeksi pengaspalannya akan diperjuangkan pada perubahan anggaran,” kata Suwandi Andi kepada Kendari Pos, Rabu (7/4).

Ia tak setuju bila Pemprov disebut-sebut tidak memperhatikan perbaikan jalan di Konsel. Karena Rp 7 miliar dianggarkan untuk perbaikan ruas jalan Tinanggea-Lalembu dan ruas Motaha-Angata sekira Rp 3,5 miliar. “Sistem penganggaran perbaikan jalan disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah. Keinginan kami, semua jalan rusak diaspal. Tapi itu tergantung anggaran,” pungkas politisi PAN itu.

Sementara itu, anggota Komisi III DPRD Sultra Aksan Jaya Putra menyampaikan, ruas jalan Andoolo-Tinanggea, memang terdapat beberapa titik mengalami kerusakan. Katanya, Bupati Konsel Surunuddin juga pernah menyurat ke Gubernur Ali Mazi sebanyak dua kali untuk meminta perbaikan.

Aksan Jaya Putra

“Jadi itu sudah disurati ke Pemprov bahwa dua ruas jalan itu sudah harus diperbaiki. Tapi dalam pembahasan Banggar DPRD, itu tidak dimasukan. Dan hanya ruas Lalembu saja yang dapat anggaran, namun tidak signifikan,” kata Aksan Jaya Putra.

Terpisah, Kepala Dinas Sumber Daya Alam dan Bina Marga Sultra, Abdul Rahim menyampaikan telah menginstruksikan tim agar turun lapangan melakukan pendataan titik jalan yang mengalami kerusakan parah. Hasilnya, akan menjadi acuan untuk dilakukan perbaikan. Namun bentuk perbaikan hanya dalam bentuk fungsionalisasi.

“Tahun ini untuk ruas Andoolo-Tinanggea tidak masuk dalam program pengaspalan. Dengan kondisi anggaran yang ada, kita hanya akan lakukan fungsionalisasi. Sehingga jalan rusak tersebut bisa dilalui dengan baik oleh masyarakat,” kata Abdul Rahim. (ali/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy