DPRD Buton Minta Pemkot tak Ungkit Persoalan Aset – Kendari Pos
Buton

DPRD Buton Minta Pemkot tak Ungkit Persoalan Aset

KENDARIPOS.CO.ID–Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Buton berang. Masalah aset yang dianggap tuntas rupanya masih diungkit oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau. Pemkot Baubau yang kembali melayangkan surat pengosongan atas sejumlah aset yang masih dimanfaatkan oleh Pemkab Buton, langsung mengundang reaksi para legislator dari Pasarwajo itu. Ketua DPRD Kabupaten Buton, Hariasi Salad, menyesalkan pengumuman yang diedarkan oleh Pemkot Baubau tersebut. Menurut dia, soal aset seharusnya tak dipolemikkan lagi di depan publik. Sebab, berdasarkan hasil pertemuan yang difasilitasi oleh Gubernur Sultra, H. Alimazi SH dan dihadiri semua pihak terkait termasuk unsur Forkopimda dan tokoh masyarakat. sudah melahirkan poin-poin kesepakatan.

Hariasi Salad

Pertama, persoalan aset akan diselesaikan dengan cara adat dan budaya Kebutonan karena dua pihak itu dari rumpun yang sama. “Kita sama-sama orang Buton yakni dengan cara komunikasi dan akan dilaksanakan secara musyawarah,” kata Politikus Partai Golkar itu, Kamis (15/4). Berikutnya, kedua belah pihak saling menahan diri untuk tidak usah lagi saling berkomentar di media. “Karena kenapa, aset Kabupaten Buton yang ada di Baubau akan diserahkan secara bertahap, dan Wali Kota Baubau sudah menyetujui itu dengan mengatakan, akan menerima apa saja dulu yang akan diserahkan,” ungkapnya.

Sehingga, menurut dia Pemkab Buton sudah melaksanakan apa yang menjadi hasil putusan itu. Hanya saja dia mengingatkan, jika itu menyangkut aset yang menjadi sumber PAD, kini masih tetap menjadi milik Kabupaten Buton. “Nah kalau ada surat dari Pemkot Baubau ke penghuni aset Kabupaten Buton itu menurut saya salah alamat. Maka kami mengimbau kepada seluruh penghuni rumah tersebut untuk tidak meninggalkan kediaman, karena sampai hari ini kami belum melakukan paripurna persetujuan pelepasan aset,” tuturnya.

Sejauh ini kata dia, DPRD Buton tetap menjalankan Permendagri nomor 19 tahun 2016 tentang penyerahan aset. “Demi kondusifnya dua daerah yang sama sama kita cintai ini, apalagi dalam suasana bulan Ramadan, janganlah mengusik masyarakat yang lagi konsen menjalankan ibadah puasanya dengan hal-hal semacam ini,” pinta Hariasi Salad. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy