DPD IHGMA Sultra Komitmen Bangun Pariwisata yang Berkesinambungan – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

DPD IHGMA Sultra Komitmen Bangun Pariwisata yang Berkesinambungan

Ketua DPP IHGMA, I Gede Arya Pering Arimbawa (kanan) dan Ketua DPD IHGMA Sultra, Mahmud Al Habsy (kiri) dalam acara pengukuhan pengurus DPD IHGMA Sultra periode 2021-2024.

KENDARIPOS.CO.ID—- Dewan pengurus Dae­rah (DPD) Indonesian Ho­tel General Manager Asso­ciation  (IHGMA) Sulawesi Tenggara (Sultra) melaksan­akan Musyawarah Daerah (Musda) II yang dirangkai­kan dengan pengukuhan pengurus DPD IHGMA Sul­tra periode 2021-2024.

Pada kesempatan terse­but, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IHGMA, I Gede Arya Pering Arimbawa men­gatakan, untuk mendukung konsep pariwisata yang berkesinambungan, maka dibutuhkan sumber daya manusia dan tenaga ahli yang berintegritas tinggi dan profesional di bidangnya serta memiliki kompetensi yang relevan.

Selain itu, antara objek wisata dan penggiat wisata juga harus sejalan.
“Sulawesi Tenggara me­miliki banyak objek wisata yang dapat ditawarkan ke­pada wisatawan domestik maupun mancanegara. Po­tensi ini harus dapat dikelola dengan sebaik mungkin. Potensi wisata bahari yang dimiliki seperti Labengki patut dipertahankan dan dikemas dengan baik agar menjadi daya tarik wisata­wan berkunjung ke daerah ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD IHGMA Sultra terpilih, Mah­mud Al Habsy berharap IHGMA bisa memberikan kontribusi lebih untuk Sultra khususnya dan Indonesia pada umumnya. Pihaknya berkomitmen untuk mewu­judkan pariwisata yang berkesinambungan di Sul­tra.

Untuk itu, kata dia, dukungan pemerintah dan stakeholder terkait sangat diperlukan agar industri pa­riwisata bisa bertahan dan tetap berinovasi di masa pandemi dan pascapandemi Covid-19.

“Kami bertekad akan bekerja sama dan mem­bantu sepenuhnya program pemerintah dalam rangka membangun dan menata kembali periwisata yang berkelanjutan” ujarMah­mud.

Lanjut dia, ada sekira 14 ho­tel bintang maupun non-bin­tang yang tergabung dalam IHGMA Sultra saat ini. Salah satu upaya yang dilakukan IHGMA untuk mendukung kemajuan pariwisata di Sul­tra yaitu menyiapkan sumber daya manusia yang mumpuni di bidang pariwisata. Upaya ini diwujudkan melalui pro­gram training siswa SMK Per­hotelan.

“Harapannya, ketika me­masuki dunia kerja di bidang pariwisata, mereka sudah siap. Mereka diberikan kelas pilihan yang akan berjalan selama satu tahun. Program ini sudah dimulai pada ta­hun 2019 namun terpaksa dihentikan di tahun 2020 karena pandemi. Kami juga bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja untuk mem­berikan pelatihan-pelati­han,” terangnya.

Dijelaskan, industri pari­wisata termasuk perhotelan turut berkontribusi terha­dap perekonomian daerah. Tidak sedikit tenaga kerja yang diserap oleh bisnis per­hotelan. Di Sultra sendiri, tidak kurang dari 3.000 orang yang bekerja di indus­tri tersebut.

“Harapannya, ada ker­jasama yang baik untuk me­majukan pariwisata Sultra. Idealnya, pemerintah bisa memaksimalkan potensi ob­jek wisata sehingga banyak orang yang tertarik datang ke Sultra,” tandas Mahmud. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy