Doktor Ratna Umi Nurlila Raih Predikat Cum Laude – Kendari Pos
Edukasi

Doktor Ratna Umi Nurlila Raih Predikat Cum Laude

KENDARIPOS.CO.ID — Ratna Umi Nurlila, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Mandala Waluya, berhasil mempertahankan hasil desertasinya. Penelitian tersebut berjudul ‘Peran agens hayati dalam meningkatkan hasil lama simpan dan aktivitas antioksidan buah tomat sebagai pangan fungsional. Dalam sidang promosi doktor Ilmu Pertanian, yang berlangsung secara virtual (15/4/2021), Ratna memperoleh predikat Cum Laude dengan IPK 4.0.

Dr.Ratna Umi Nurlila, S.Si,M.Sc, sukses mempertahankan hasil desertasinya. Kemarin Dekan Fakultas Sains dan Teknologi di Universitas Mandala Waluya ini, resmi menyandang gelar doktor.

Dr.Ratna Umi Nurlila, S.Si,M.Sc , memaparkan desertasinya melalui penelitian pada buah tomat. Dimana kebutuhan konsumen dalam mengonsumsi bahan pangan tidak hanya karena nilai gizi suatu produk, akan tetapi lebih mempertimbangkan segi pengaruh kesehatan tubuh, sehingga kebutuhan manusia mengarah pada pangan fungsional. “Pangan fungsional merupakan, pangan yang mengandung satu senyawa atau lebih berdasarkan kajian ilmiah dianggap memiliki fungsi fisiologis tertentu dan bermafaat bagi kesehatan tubuh,” terang Ratna dalam paparannya.

Diketahui bahwa buah tomat memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Studi epidemiologis yang menunjukkan bahwa konsumsi buah tomat dan produk berbasis tomat bisa mencegah berbagai penyakit salah satunya dalah kanker. Hanya saja penyimpanan buah tomat yang tidak berlangsung lama menjadi sebuah masalah. Selain itu penggunaan agrokimia yang tidak rasional menimbulkan masalah serius pada zona paertumbuhan tomat. Hal ini tentunya berbahaya bagi kesehatan manusia.

Untuk itu penggunan sistem managemen agronomi melalui pertanian organik yakni pengunaan agens hayati bisa meningkatkan pertumbuhan tanaman dengan menghasilkan buah yang sehat untuk dikonsumsi. “Sehingga dengan menggunakan agens hayati, produk tomat selain sehat karena kaya akan antioksidan juga bernilai ekonomi tinggi,” paparnya.

Dr.Ratna Umi Nurlila, S.Si, M.Sc ini menyelesaikan pendidikan doktornya selama 3 tahun 7 bulan. Untuk itu Ibu dua orang anak ini mendapat predikat cum laude dengan perolehan IPK 4.0.
“Meskipun sudah bekerja, tetap tidak membatasi langkah untuk melanjutkan studi dan berprestasi. Saya harap semua ini bisa menjadi motivasi bagi adik-adik di Kampus Mandala Waluya,” kata Dr. Ratna Umi Nurlila. (lis/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy