Desa Busoa ‘Blank Spot’ kini Tercover Layanan 4G Telkomsel – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Desa Busoa ‘Blank Spot’ kini Tercover Layanan 4G Telkomsel

TELKOMSEL FOR KENDARI POS
Tampak wilayah coverage Combat Telkomsel di Desa Busoa, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara.


KENDARIPOS.CO.ID— Telkomsel terus memperluas coverage di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Terbaru, Telkomsel menghad­irkan compact mobile base transceiver station (Combat) di Desa Busoa, Keca­matan Batauga, Kabupaten Buton Sela­tan pada tanggal 14 April 2021.

“Dengan hadirnya Combat di Desa Busoa, masyarakat kini terlayani sinyal 4G berkecepatan up to 20Mbps. San­gat bagus untuk menonton video,” ujar Manager Network Service Telkomsel Kendari, Teksan Ismail, Jumat (16/4).
Dijelaskan, sebelum tercover layanan 4G Telkomsel, masyarakat di Desa Busoa sangat kesulitan mencari jaringan. Sinyal di desa tersebut sangat rendah, bahkan sebagian besar merupakan blank spot atau area yang tidak terjangkau jaringan sama sekali. 

“BTS (base transceiver station) ter­dekat jaraknya hanya sekitar 2 kilome­ter. Tetapi konturnya sedikit lembah dan terhalang bukit jadi jaringan tidak sam­pai di Desa Busoa. Sehingga sebagian besar blankspot,” terangnya.
Ia mengaku, pembangunan Combat ini cukup cepat yaitu hanya memer­lukan waktu dua hingga tiga minggu karena tidak menggunakan tower yang tinggi dan permanen. Combat tersebut diletakkan di atas rooftop (bubungan atap) rumah sehingga ketinggian tower hanya mencapai 15 sampai 20 meter dari tanah. 

“Wilayah coverage di daerah Busoa relatif kecil dan padat sehingga solu­si Combat cukup menjangkau Desa Busoa,” imbuhnya.
Ia menuturkan, Telkomsel terus beru­paya untuk memenuhi kebutuhan layanan seluler masyarakat. Telkomsel meyakini bahwa teknologi seluler dapat meningkatkan produktivitas dan men­dorong berbagai perubahan ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat. Telkom­sel berkomitmen untuk terus memberi­kan layanan telekomunikasi khususnya layanan broadband yang berkualitas ke­pada masyarakat.

“Combat di Desa Busoa merupakan site yang ke 13 di Buton Selatan. Saat ini di wilayah tersebut telah berdiri 61 BTS yang terdiri atas 25 unit BTS 2G, 8 unit BTS 3G, dan 28 unit BTS 4G,” pungkasnya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy