Data Penerima Bansos Difinalisasi – Kendari Pos
Buton

Data Penerima Bansos Difinalisasi

KENDARIPOS.CO.ID– Pemerintah Pusat sudah mengumumkan, bantuan sosial tunai (BST), bantuan pangan non tunai (BPNT) dan program keluarga harapan (PKH) akan dicairkan mulai April 2021 ini. Namun untuk penerima di Kabupaten Buton masih perlu bersabar. Sebab kecocokan data penerima antara Pemerintah Pusat dan Kabupaten sedang difinalisasi.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buton, Asnawi, mengatakan, sampai hari ini baru sekitar 9000 lebih data penerima yang sudah valid. Sementara pada tahun 2020 lalu, ada kurang lebih 12 ribu warga Buton yang terdaftar menerima bantuan sosial (Bansos) dana Rp 300 ribu itu. “Saat ini Kemensos lagi pemadanan data dari Catatan Sipil (Capil) Pusat dengan Capil kabupaten. Kabar terakhir itu batas tanggal 25 bulan April ini. Kita harapkan, penerima tahun lalu tidak berkurang. Sampai saat ini baru 9 ribu lebih data yang sudah cocok,” katanya, Kamis (22/4).

Aswani

Proses pemadanan itu kata Asnawi memang menyita waktu yang lebih lama dibanding tahun lalu. Sebab ada perubahan regulasi dari Kemensos. “Kalau tahun lalu berdasarkan by name by address, sedangkan tahun ini berganti lagi menjadi by name by NIK. Kalau mau cek terima atau tidak, nanti langsung bisa dlihat pada aplikasi saja, pakai NIK masing-masing,” saran Asnawi.

Jika ada masyarakat yang menerima Bansos tahun lalu kemudian saat ini namanya tidak terkafer, maka diminta untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Desa. Sebab semua data yang dikirim ke pusat terlebih dulu dikoordinasikan dengan pemerintah setempat. “Makanya koordinasi kita selain dengan Pemerintah Desa, juga dengan Dinas Catatan Sipil. Ini sudah beberapa masyarakat yang datang menanyakan, dan kami sampaikan ke kepala desa,” terangnya.

Jika semua data sudah valid, maka proses penginputannya ke aplikasi akan segera dilakukan. Sehingga masyarakat tidak lagi menunggu terlalu lama menerima bantuan negara tersebut. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy