DAK Dinas Pertanian Capai Rp 3 Miliar – Kendari Pos
Sulawesi Tenggara

DAK Dinas Pertanian Capai Rp 3 Miliar

KENDARIPOS.CO.ID–Tahun 2020 lalu dana alokasi khusus (DAK) untuk Dinas Pertanian Kabupaten Wakatobi tak terealisasi akibat direalokasi untuk anggaran pencanangan dan penanganan Covid-19. Tahun 2021 ini Pemerintah Pusat mengalokasikannya sebesar Rp 3 miliar lebih dan tak lama lagi bakal terealisasi. Anggaran itu akan dimanfaatkan untuk pembangunan irigasi (sumur bor), hingga jalan produksi atau jalan usaha tani serta kegiatan lainnya.

Kepala Dinas Pertanian Wakatobi, Tamrin.

Kepala Dinas Pertanian Wakatobi, Tamrin, menyebut, titik irigasi dari DAK tahun ini hanya difokuskan di Pulau Wangi-Wangi. Sementara anggaran sebesar Rp 40 juta dari DAK ini diperuntukan bagi kegiatan pembinaan. “DAK kita kan sebesar Rp 3 miliar lebih. Lebihnya itu Rp 40 juta untuk pembinaan. Kalau Rp 3 miliar untuk pembangunan fisiknya,” rinci Tamrin, Selasa (13/4). Kendati belum terealisasi, Tamrin menyebut sudah ada titik-titik yang akan dibangun irigasi. Sebelum proses ada beberapa tahap yang harus dilakukan termasuk pemantauan lokasi hingga perencanaan.

“Ini untuk menghadirkan air di kebun-kebun petani kita. Saat ini baru lima paket melalui DAK tahun 2021 ini. Kita belum tahu kalau ada tambahan di anggaran perubahan,” terangnya.
Paket tersebut nantinya lanjut Tamrin akan dikerjakan secara padat karya oleh kelompok petani. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy