BI Dorong Sertifikasi Halal Produk UMKM di Sultra – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

BI Dorong Sertifikasi Halal Produk UMKM di Sultra

KENDARIPOS.CO.ID– Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar melakukan sertifikasi halal terhadap produk-produknya. Lang­kah tersebut dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM baik di tingkat lokal, nasional, maupun global. Sebagai bentuk dukungan, BI Sultra menggelar keg­iatan Sosialisasi Sertifikasi Halal Produk UMKM pada 29 April 2021 secara virtual.

Dalam kegiatan tersebut, hadir sejumlah pembicara dan peserta dari berbagai latar belakang termasuk pelaku UMKM di Sultra.

Materi pertama dibawa­kan oleh Ketua Satgas Halal Sultra, Anies Ridha. Dalam paparannya, Anies menjelas­kan mekanisme dan prose­dur layanan sertifikasi halal yang secara garis besar meli­puti proses pendaftaran, pe­meriksaan administrasi, dan pemeriksaan oleh auditor halal (Lembaga Pemeriksa Halal). Berkas akan dikem­balikan apabila tidak me­menuhi syarat administrasi. Jika memenuhi syarat, maka akan diteruskan ke Badan Pe­nyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Setelah sidang fatwa halal yang melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI), pakar, kementerian/lembaga, dan isntansi terkait, BPJPH akan menerbitkan sertifikat halal terhadap produk yang diajukan.

“Pemeriksaan administrasi ini tidak lebih dari satu hari. Prosesnya lama apabila do­kumen tidak lengkap. Kami Satgas Halal selalu bersedia bagi siapa saja yang ingin berkonsultasi mengenai syarat-syarat yang dibutuh­kan dalam pemeriksaan ad­ministrasi,” ujarnya.

Pemateri kedua, Direktur Lembaga Pengkajian Pan­gan, Obat-obatan, dan Kos­metika MUI (LPPOM MUI), Hj. Wa Ode Asnah Ganiu me­negaskan bahwa penerbitan sertifikat halal tidak mem­butuhkan waktu lama. Yang menyebabkan lambatnya penerbitan sertifikat halal adalah tidak terpenuhinya persyaratan. Selama ini ban­yak pemilik usaha yang tidak ingin repot dengan prosedur yang dianggap rumit.

“Prinsip kami di LPPOM MUI, tidak boleh menerbitkan sertifikat yang tidak memenuhi ketentuan. Sejauh ini, di Sultra kami sudah terbitkan 225 ser­tifikat halal, 120 di antaran­ya sudah expired dan tidak diperpanjang lagi. Padahal, 85 persen pelaku UMKM kita muslim namun yang tersertifikasi halal masih sangat minim,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut hadir pula sebagai pembicara Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perin­dustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sultra, Laode Muh Fitrah Arsyad yang membawakan materi ten­tang peluang pasar dan per­dagangan produk halal. Ia mengungkapkan, peluang pasar produk halal UMKM sangat besar baik untuk perdagangan domestik maupun ekspor.

Di tahun 2020, Indonesia menempati urutan ke-20 sebagai eksportir makanan ke negara-negara Organ­isasi Kerja Sama Islam (OKI) dengan pangsa pasar 1,86 persen, urutan ke-23 sebagai eksportir kosmetik dengan pangsa pasar 1,41 persen, dan di urutan ke-48 sebagai eksportir obat-obatan dengan pangsa pasar hanya 0,12 persen.

Dijelaskan, Indonesia termasuk Sultra memiliki peluang yang sangat besar dalam perdagangan produk halal. Pasalnya, populasi muslim dunia terus menin­gkat yang bedampak pada meningkatnya permintaan terhadap produk mau­pun jasa halal. Di samp­ing itu, industri halal dunia berkembang pesat sehingga konsumsi global untuk ma­kanan dan minuman halal diperkirakan akan menca­pai 1,972 triliun dolar AS pada tahun 2024. Indonesia yang berpenduduk muslim terbesar di dunia harus bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjadi pengha­sil produk atau jasa halal terbesar di dunia. 

“Ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam per­dagangan produk halal di antaranya potensi industri halal yang belum dioptimal­kan, kurangnya fokus pada peningkatan ekspor produk halal, serta banyak pelaku usaha terutama UMKM yang belum melakukan sertifikasi halal,” pungkasnya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy