Bentuk Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak – Kendari Pos
Kolaka

Bentuk Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak

KENDARIPOS.CO.ID–Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak menjadi perhatian khusus pemerintah. Untuk mencegah terjadinya kasus itu, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kolaka membentuk atuan Tugas (Satgas) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) di setiap desa dan kelurahan.

Kepala Dinas PPPA Kolaka, Hj Andi Wahidah mengatakan Satgas diharapkan menjadi wadah percepatan tindaklanjut setiap kekerasan yang menimpa perempuan dan anak di desa dan kelurahan. Satgas juga yang akan memberikan dampak psikologis terhadap pelaku kekerasan untuk berpikir melakukan perbuatan. Karena sudah terbukanya akses perempuan dan anak dalam mendapatkan layanan perlindungan.

Kepala Dinas PPPA Kolaka, Hj Andi Wahidah

Mantan Kabag Kesra Kolaka tersebut menambahkan, pihaknya juga telah membentuk lembaga Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) untuk memberikan pelayanan pendampingan terhadap perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan. Lembaga tersebut anggotanya berasal dari berbagai kalangan.

“Jadi P2TP2A ini anggotanya ada pengacara, pembina keagamaan, tenaga medis, polisi, dan lain-lain. Tugasnya memberikan pendampingan terhadap korban, semisal pemberian konseling, membantu mendapatkan pelayanan kesehatan dan mendampingi proses hukum agar korban merasa nyaman dengan segera diadilinya pelaku,” katanya.

Selain itu, pendampingan agama untuk penguatan iman juga diberikan kepada korban agar tetap tabah dan tidak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. (fad/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy