Bareskrim Hentikan Operasional 17 Alat Penambang Ore – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Bareskrim Hentikan Operasional 17 Alat Penambang Ore

Diduga Tanpa Izin, belasan alat berat penggeruk ore nikel yang disita aparat Bareskrim Mabes Polri di Desa Pitulua Kecamatan Lasusua

KENDARIPOS.CO.ID– Tim penyidik ​​Badan Reserse ​​Kriminal (Bareakrim) Polri saat ini sedang memantau sejumlah lokasi pertambangan nikel di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Mereka menindaklanjuti dugaan aktivitas penambangan secara ilegal di Bumi Patowonua itu. Saat ini operasional 17 alat berat telah dihentikan dan diberi atribusi garis polisi, di Dusun IV Labuandala, Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua.

Kasatreskrim Polres Kolut, Iptu Alamsyah Nugraha, membenarkan keberadaan para penyidik dari Bareskrim Mabes Polri tersebut. “Saya tidak bisa berkomentar, karena penyelidikan dilakukan langsung Bareskrim Polri,” singkatnya, Rabu (21/4).

Diketahui, 17 alat berat yang dipasangi garis polisi itu bekerja pada kawasan izin usaha pertambangan (IUP) PT Tiar Daya Sembada (TDS). Jalan masuk ke wilayah IUP tersebut telah diportal dan diawasi pihak Bareskrim dan tak ada yang diizinkan masuk.

“Maaf, untuk sementara kami tidak boleh mengizinkan masuk karena komandan saya melakukan penyelidikan di dalam (lokasi IUP),” kata salah seorang penyidik Bareskrim Polri, tanpa menyebutkan identitas diri, sambil berlalu. Untuk diketahui, sebelumnya di lokasi IUP PT TDS tersebut telah terjadi sengketa perebutan lahan antar kelompok warga dan dugaan penyerobotan lahan oleh salah satu perusahaan yang beroperasi di sana.

IUP PT TDS sendiri terbagi atas 18,17 hektere berstatus hutan produksi terbatas (HPT) dan 28,82 hektare hutan lindung (HL). Itu berdasarkan peta indikatif penghentian pemberian izin baru hutan alam primer dan lahan gambut tahun 2020 periode I sesuai SK Menteri Lingkungan Hidup tertanggal 26 Februari 2020 Nomor SK.851/MENLHK-PKTL/IPSDH/PLA.1/2/2020. Aktivitas penambangan diduga tanpa izin pinjam pakai kawasan hutan dan berpotensi merambah kawasan HL. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy