Bangun TPI, Anggarkan Rp 350 Juta – Kendari Pos
Muna Barat

Bangun TPI, Anggarkan Rp 350 Juta

KENDARIPOS.CO.ID–Sebagai wilayah kepulauan, Muna Barat (Mubar) memiliki potensi di sektor perikanan. Atas dasar itulah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat akan membangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Upaya ini tak lain untuk memudahkan para nelayan menjual hasil tangkapannya.

Kepala Dinas Keluatan dan Perikanan (DKP) Mubar, H La Djono mengatakan pembangunan TPI telah dibagi menjadi tiga zona. Hal ini telah tertuang dalam rencana tata ruang wilayah (RTRW). Tahun ini, pemerintah akan membangun TPI di Desa atawe Kecamatan Kusambi.

“Sesuai RTRW, lokasi pembangunan TPI yakni di Pajala, Tondasi dan Latawe. Tahun ini, hanya satu yang akan kita bangun. Lokasinya di Desa Latawe dengan proyeksi anggarannya sekira Rp 350 juta,” jelasnya kemarin.

Pembangunan TPI kata dia, merupakan bagian dari pembangunan pasar Latawe yang dimulai sejak tahun 2019 lalu. Hanya saja, baru berupa tanggulnya. Untuk sarana dan prasananya akan dibangun tahun 2020 lalu. Namun berhubungan adanya refocussing anggaran, pengerjaannya ditunda tahun ini.

“Pembangunan TPI masuk dalam program prioritas pemerintah. Sebab pengerjaannya tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Mubar,” pungkasnya. (c/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy