Akses Andoolo-Tinanggea Masih Ditutup, Tuntut Anggota DPRD Sultra Realisasikan Janji – Kendari Pos
Konawe Selatan

Akses Andoolo-Tinanggea Masih Ditutup, Tuntut Anggota DPRD Sultra Realisasikan Janji

KENDARIPOS.CO.ID–Sejumlah warga di Kecamatan Tinanggea melakukan aksi blokade ruas jalan Andoolo-Tinanggea, di bilangan Kelurahan Ngapaaha-Lalonggasu sejak Minggu (4/4) lalu. Aksi blokade jalan dilakukan penduduk dengan menumpahkan timbunan bebatuan di jembatan Poros Andoolo-Tinanggea karena kesal terhadap pihak berwenang yang tak kunjung memenahi jalur penting tersebut. Apalagi, anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebelumnya telah berkunjung di wilayah tersebut dan berjanji akan segera menyuarakan perbaikan.

Camat Tinanggea, Herianto, mengakui, akses jalan Tinanggea-Andoolo itu sudah pernah mendapat respon pihak Komisi III DPRD Provinsi Sultra. “Saat itu, sekitar bulan Januari lalu, pernah datang Ketua Komisi III DPRD Provinsi, Suwandi Andi dan koleganya. Katanya jalan ini akan segera di aspal, minimal ditimbun jalan berlubangnya. Infonya, bulan Maret lalu sudah mau di aspal, nyatanya ini sudah April, tak ada realisasi. Makanya warga terpaksa tutup jalan itu,” ungkapnya, Senin (5/4).

KEWENANGAN PROVINSI : Akses jalur Andoolo-Tinanggea yang sengaja ditutup masyarakat setempat sebagai bentuk protes karena jalan tersebut tak kunjung diaspal.

Herianto mengaku ketika itu memang ada surat perjanjian yang disepakati antara sejumlah warga dan mahasiswa dengan anggota DPRD Provinsi. “Karena kesal, makanya jalan tersebut ditutup dengan cara menumpahkan timbunan batu di tengah jalan,” sambungnya.Menurutnya, jalan tersebut memang harus diaspal, karena sudah sering kali menimbulkan korban kecelakaan. Hanya pihaknya tak bisa berbuat banyak dan hanya memediasi dengan pihak terkait agar segera mendapat perhatian dari Pemerintah Provinsi.

Sementara itu, Ketua Gerakan Mahasiswa Konsel Menginspirasi (GMKM), Ikram, menjelaskan, mereka telah melakukan perjanjian dalam bentuk berita acara yang dibuat pada 17 Februari 2021 di Balai Desa Lalowatu, Kecamatan Tinanggea bersama sejumlah legislator Provinsi. “Jadi dalam pertemuan antara pihak Komisi III DPRD Sultra bersama komponen masyarakat Tinanggea, muncul kesepakatan yang telah ditandatangani kedua belah pihak dan bermaterai,” ungkap Ikram, kemarin.

Ikram menyebut dalam perjanjian itu, ditandatangani Sekcam Tinanggea, Nurwan dan Ketua Komisi III DPRD Sultra, Suwandi Andi. “Salah satu poinnya, tokoh masyarakat bersama para kepala desa se-Kecamatan Tinanggea meminta pada Pemerintah Provinsi agar jalur penghubung antara kabupaten/kota itu diperbaiki. Pihak dewan mengamini permintaan masyarakat itu dan dibuktikan dengan tanda tangan. Katanya paling lambat bulan tiga kemarin, tapi sampai sekarang tak kunjung terealisasi,” tandasnya.

Dihubungi terpisah, Pj Bupati Konsel, Andi Tenri Rawe Silondae, merespon pemblokiran akses jalan tersebut. Pihaknya telah melakukan langkah koordinasi dengan instansi terkait agar apa yang menjadi tuntutan warga Tinanggea itu, segera dapat disahuti Pemerintah Provinsi. “Kita sudah panggil Kadis PU melalui Kabid Bina Marga untuk membuat laporan tertulis terkait data kondisi jalan poros Andoolo-Tinanggea, selanjutnya akan segera dilaporkan secara tertulis pada Gubernur Sultra,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Sultra tersebut mengimbau masyarakat agar membuka pemblokiran jalan tersebut. “Mengingat akan berdampak terhadap pelayanan kegawatdaruratan apabila terjadi peristiwa harus mendapatkan pelayanan kesehatan,” pintanya.Disisi lain, aksi blokade jalan tersebut dapat berdampak pada mobilitas barang hasil pertanian dan kebutuhan masyarakat yang akan dipasarkan, termasuk pelayanan sosial. “Setelah ini, tetap kita akan monitor langsung agar apa yang menjadi harapan masyarakat bisa menemukan solusi,” tandasnya. (b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy