Abdurrahman Shaleh : Menjaga Diri Dari Keburukan – Kendari Pos
Nasional

Abdurrahman Shaleh : Menjaga Diri Dari Keburukan

KENDARIPOS.CO.ID — Ini tahun kedua umat Islam menunaikan ibadah puasa bulan Ramadan di tengah pandemik Covid-19. Kondisi lingkungan sosial dalam bayang-bayang virus corona, tak menyurutkan semangat kaum muslim menunaikan titah Allah SWT. Bagi Ketua DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra) Abdurrahman Shaleh, puasa Ramadan adalah momentum meningkatkan penjagaan diri dari segala bentuk keburukan. Baik yang dapat melemahkan fisik maupun batin.

Abdurrahman Shaleh, Ketua DPRD Sultra

“Aktivitas puasa bukan saja menahan lapar dan dahaga. Lebih dari itu makna puasa menjaga diri dari segala keburukan yang dapat menimbulkan kerusakan fisik maupun jiwa. Misalnya menahan diri dari ucapan negatif yang dapat mengotori hati,” kata Abdurrahman Shaleh kepada Kendari Pos, kemarin.

Di tengah situasi pandemik ini, lanjut Abdurrahman Shaleh, puasa dapat meningkatkan frekuensi kesehatan. Karena amat banyak manfaat puasa bagi tubuh. Dijelaskan dalam kitab Maqashid Al-Shaum karya Izzuddin Abdul Aziz, bahwa puasa dapat melindungi tubuh dari berbagai ekspansi penyakit. Juga mendatangkan ketenteraman dan kejernihan pikiran.

“Menurut penelitian ilmiah, tak sedikit hadirnya penyakit dalam tubuh bersumber dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Termasuk lahir dari tekanan pikiran. Nah, melalui puasa berfungsi menormalkan serta menstabilkan semua perangkat anggota tubuh dengan baik. Imun menjadi kuat dan kebal,” urainya.

Ketua DPW PAN Sultra itu menambahkan, bulan suci ramadan juga merupakan momentum merenungi segala kehilafan yang dilakukan sepanjang 12 bulan. Penyakit hati seperti dengki, iri, sombong, angkuh, dan lain sejenisnya mesti ditanggalkan. Melalui amal ibadah yang rutin dan fokus membersihkan hati, maka niscaya kebaikan-kebaikan akan menyertai.

“Kita hidup di dunia hanya sementara. Tak ada yang abadi. Segala bentuk kebanggaan duniawi akan sirna. Hanya amal yang setia menemani,”tandasnya. (ali/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy