30 Warga Bonggoeya Terima Bantuan Zakat ASN – Kendari Pos
Metro Kendari

30 Warga Bonggoeya Terima Bantuan Zakat ASN

KENDARIPOS.CO.ID– Pemkot Kendari bersama Badan Amil Zakat (Basnaz) kembali menyalurkan dana zakat kepada warga yang berhak menerimanya. Penyelurannya dilaksanakan di Kelurahan Bonggoeya, Kecamatan Wuawua, kemarin. Tercatat, 30 warga menerima bantuan tersebut. Mereka rerata masyarakat yang terdampak pandemi covid-19.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (kanan) menyalurkan dana zakat di Kelurahan Bonggoeya, Kecamatan Wuawua, kemarin. Tercatat, 30 warga menerima bantuan tersebut.

Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir mengungkapkan, dana zakat yang disalurkan berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkot Kendari. Bantuan tersebut berupa modal usaha yang ditujukkan bagi masyarakat maupun pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terdampak covid-19.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (pegang mike) saat memberi sambutan pada penyerahan dana zakat di Kelurahan Bonggoeya, Kecamatan Wuawua.

“Pandemi covid-19 berdampak buruk terhadap penghasilan masyarakat. Ada yang dirumahkan, ada yang di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) yang menyebabkan mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya,” kata Sulkarnain Kadir.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (tengah) dan Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan (lima dari kanan) berfoto dengan pengurus Masjid Al Mukhlisin Palapa, Kelurahan Kemaraya, Kecamatan Kendari Barat.

Atas dasar itu, pihaknya bersama Baznas mengagas program bantuan ekonomi produktif. Dimana masyarakat diberikan modal untuk berusaha dengan tujuan mencapai kemandirian dan bisa bangkit dari pandemi covid-19.

“Kami berharap, masyarakat dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan dengan sungguh-sungguh, sebagai modal untuk berusaha dan bukan untuk kegiatan konsumtif. Nanti setelah usahanya memiliki keuntungan, baru kemudian bisa dimanfaatkan hasilkan, atau bahkan bisa dizakatkan kembali agar bisa dirasakan masyarakat lain yang membutuhkan,” kata Sulkarnain Kadir.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (tengah) didampingi Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan (kanan) menyerahkan mushaf Al-quran kepada pengurus masjid.
Suasana pelaksanaan safari Ramadan Pemkot Kendari di Masjid Al Mukhlisin Palapa, Kelurahan Kemaraya, Kecamatan Kendari Barat.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Baznas Kendari Alimuddin mengapresiasi kepedulian Wali Kota Kendari H.Sulkarnain Kadir berserta jajaran yang sudah mau berpartisipasi dalam program Baznas yakni membantu masyarakat kurang mampu dimasa pandemi covid-19.

Menurutnya, upaya tersebut patut dicontoh oleh lembaga lain dalam rangka mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat maupun perekonomian daerah pasca pandemi. Ia memastikan, penyalurannya bisa tetap sasaran dikarenakan pihaknya terlebih dahulu melakukan survey terhadap calon penerima bantuan.

Selain itu, pihaknya berpatokan pada ketentuan 8 golongan penerima zakat seperti golongan fakir atau orang yang tidak mempunyai harta atau hasil usaha (pekerjaan) untuk memenuhi kebutuhan pokoknya dan tanggungannya. (c/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy