KENDARIPOS.CO.ID–Warga Negara Asing (WNA) di Sultra tidak sedikit. Sebagian besar orang asing bekewargAanegaan Tiongkok dan bekerja di sejumlah kawasan pertambangan. Untuk memantau aktifitas WNA di Sultra, pemerintah telah membantuk Tim Pengawasan Orang Asing atau Tim Pora.

Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, Lukman Abunawas mengapresiasi kinerja Tim Pora. Sejauh ini, pengawasan orang asing mampu mengantisipasi potensi terjadi konflik. Sejumlah persoalan yang timbul mampu diredam. Kondisi ini secara tidak langsung turut berkontribusi mendorong pembangunan. Dengan kondusifitas daerah yang selalu terjaga, iklim investasi tumbuh sehingga berimbas pada pergerakan roda perekonomian.

“Saya salut kerja-kerja yang dilakukan Tim Pora. Setiap saat mereka memantau pergerakan orang asing. Di Sultra, ribuan tenaga kerja asing (TKA) khusus asal Tiongkok. Sebab prilaku sosial, adat istiadat dan lainnya berbeda. Jika tidak diantisipasi, bisa menimbulkan masalah. Sejauh ini, Tim Pora telah menunjukan kinerja positif,” salut Lukman Abunawas saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pora di Hotel Claro Kendari, Selasa (23/3).

Lukman Abunawas

Sebagai besar TKA kata dia, bekerja di dua perusahaan pertambangan di Konawe. Jumlahnya sekitar 3 ribuan orang. Untuk itulah, perlu pengawasan yang ketat. Tidak hanya aktifitas mereka, namun juga memantau keluar-masuknya TKA di Sultra. “Alhamdulillah, semuanya berjalan baik. Ini tak lepas kerja yang baik antara Pemda, Kanwil Kemenkumham Sultra, Imigrasi dan TNI-Polri yang mampu membangun sinergitas,” jelasnya.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba mengatakan pertemuan ini diharapkan semakin meningkatkan sinergitas sesama anggota Tim Pora. Hingga kini, belum ada masalah terkait keberadaan orang asing di 17 daerah. Namun demikian, ia meminta untuk tetap meningkatkan pengawasan.

“Ini merupakan momentum bagi seluruh anggota Tim Pora bagaimanapun harus saling menguatkan sesama tim Pora. Saling mengingatkan, menopang, bersinergi dan saling berkoordinasi. Dengan kekuatan ini, kita dapat saling bertukar informasi. Mari kita jaga kekompakan agar selalu sejalan,” ajaknya. (c/rah)