KENDARIPOS.CO.ID — Layanan kesehatan menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana. Tiap tahunnya, miliaran anggaran dikucurkan melalui APBD. Tidak hanya mengandalkan APBD, Pemkab melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) turut melobi anggaran di Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Tahun 2021 ini, ada enam gedung Puskesmas yang diajukan ke pusat untuk dibenahi. Tiga di daerah daratan dan tiga di wilayah kepulauan.

dr. Sunandar
Kepala Dinkes Bombana

Kepala Dinkes Bombana, dr. Sunandar mengungkapkan, enam wilayah ini menjadi skala prioritas guna memaksimalkan pelayanan kesehatan di Bombana. Selain itu, untuk mewujudkan program pemerintah pusat dalam pemerataan pelayanan di bidang kesehatan. Enam Puskesmas tersebut berada di Kecamatan Poleang Barat, Poleang Selatan, Poleang Utara, Kabaena Selatan, Kabaena Utara dan Kabaena Timur.

“Usulan enam puskesmas ini sementara digodok. Kini, sudah memasuki tahap penginputan data pendukung untuk disampaikan ke Kemenkes,” tuturnya.

Lanjut dia, seluruh persyaratan telah siap. Bahkan, pengusulan ke enam puskesmas tersebut telah mendapat dukungan dari pihak terkait seperti, penguatan dari anggota DPRD Bombana di masing-masing Daerah Pemilihan (Dapil). “Alhamdulillah, dalam pengusulan ini tidak ada kendala yang dialami. Kita tinggal menunggu saja dari pihak Kemenkes,” terangnya.

Usulan pembangunan gedung Puskesmas yang bergaya moderen ini bakal menggunakan anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) afirmasi yang saat ini masih dalam daftar tunggu. “Kita disampaikan dari pihak Kemenkes untuk bersabar karena masih masuk dalam daftar tunggu dan kemungkinan pengadaanya di akhir tahun 2021 ini,” imbuhnya.

Selain pengusulan gedung baru, Pemkab juga melakukan perbaikan Puskesmas di sejumlah kecamatan. Di sisi lain, Pemkab tengah membangun Rumah Sakit (RS) berstandar nasional. Pembangunanya ditarget rampung pada 2022 mendatang. (b/idh)

1 Komentar

  1. Tolong pertimbangkan pengusulan anggaran untuk setiap puskesmas yang ada di Bombana dan maksimalkan kinerja yang ada di setiap puskesmas,nyatanya sekarang permintaan pihak yang di usulkan oleh Kemenkes belum bisa terpenuhi oleh salah satu puskesmas yang ada d Bombana, salah satunya rumah dinas yang belum bisa terpenuhi,,padahal salah satu puskesmas itu telah di lakukan tahap rehab dalam pembangunan dan menggunakan anggaran yang cukup besar,,@Syr

Comments are closed.