UHO Penerima KIP Kuliah Kedua Terbanyak Nasional – Kendari Pos
Edukasi

UHO Penerima KIP Kuliah Kedua Terbanyak Nasional


KENDARIPOS.CO.ID— Tahun ini, Universitas Halu Oleo (UHO) tercatat sebagai penerima bea­siswa Kartu Indonesia Pin­tar (KIP) Kuliah terbanyak kedua secara nasional, yak­ni mencapai 1013 orang. Jumlah itu diperoleh mela­lui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun akademik 2021/2022.

Wakil Rektor I Bidang Akademik UHO, Dr. La Hamimu, MT., mengung­kapkan UHO kembali be­rada diposisi teratas dalam hal penerimaan mahasiswa jalur SNMPTN, terkait penerimaan beasiswa KIP Kuliah.

“Setelah berhasil berada di peringkat enam nasional dengan jumlah terbanyak yang lulus SNMPTN. UHO juga dinobatkan dengan jumlah terbanyak pen­erima KIP kuliah dari jalur bebas tes tersebut. Ini mer­upakan yang kesekian ka­linya selalu menjadi yang tertinggi, dalam jumlah penerima beasiswa,” un­gkap La Hamimu, pekan lalu.

Menurut Hamimu, pen­erima beasiswa KIP kuliah adalah mereka yang telah mendaftarkan diri sebagai penerima beasiswa yang sumber anggarannya dari pemerintah pusat terse­but. Dengan melakukan pengisian data yang leng­kap saat mendaftar pen­erimaan mahasiswa jalur SNMPTN.
“Yang lulus penerima KIP kuliah tentunya mere­ka yang memiliki nilai aka­demik yang tinggi, karena penerima beasiswa ini KIP diverifikasi berdasar­kan nilai yang tertinggi. Dari total 2348 mahasiswa yang lulus SNMPTN di UHO, setengahnya dapat KIP Kuliah,” ujarnya.

Dijelaskan, beasiswa KIP kuliah, sangat mem­bantu mahasiswa berpres­tasi namun memiliki keter­batasan ekonomi. Melalyi beasiswa KIP Kuliah, biaya kuliah mahasiswa akan oleh pemerintah selama kurang lebih empat tahun atau delapan sementer.

“Setiap semester diberi­kan paling tinggi sebesar Rp 2,4 juta dari pemerin­tah pusat. Dana itu sangat membantu dalam mel­aksanakan pendidikan di UHO. Mahasiswa sebagai penerima KIP Kuliah harus memanfaatkan dananya sebaik-baiknya. Beasiswa KIP Kuliah merupakan amanah, yang diberikan oleh negara agar bisa men­dapatkan pendidikan yang layak,” pungkasnya. 

Kuota penerima KIP Kuliah UHO itu sebanyak 2800 yang akan dibagi dalam tiga jalur pendaf­taran yaitu, SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Man­diri. (Ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy