KENDARIPOS.CO.ID— Pemberlakuan insentif Pajak Penjualan atas Ba­rang Mewah (PPnBM) oleh pemerintah berdampak positif terhadap industri otomotif di Sulawesi Teng­gara. PT Megahputra Ken­dari yang merupakan main dealer mobil Suzuki men­catatkan peningkatan pen­jualan di bulan Maret 2021.

Head Marketing Pro­motion PT Megahputra Kendari, Rahmat Ladae mengungkapkan, terda­pat dua tipe mobil Suzuki yang dikenakan PPnBM nol persen yaitu All New Ertiga dan XL7. Berkat kebijakan pembebasan PpPnBM, kedua tipe tersebut kain la­ris sepanjang bulan Maret ini.

“Penjualan Suzuki menin­gkat drastis. Sebelum pan­demik, biasanya minimal satu unit Suzuki XL7 bisa laku setiap harinya. Den­gan subsidi pajak mobil ini, kondisi penjualan mening­kat drastis. Target penjualan sebelumnya hanya 10 unit per bulan. Sekarang kami yakin bisa menjual sekitar 30 unit per bulan,” ujarnya saat ditemui di kantornya, akhir pekan lalu.

Dijelaskan, saat ini Suzuki XL7 dan All New Ertiga se­dang diskon besar-besaran. XL7 turun harga hingga Rp 22 juta sedangkan New Er­tiga hingga Rp 34 jutaan. Masyarakat yang ingin me­miliki unit idamannya di Suzuki Megahputra Ken­dari, saat ini merupakan kesempatan untuk melaku­kan pembelian. Sebab, po­tongan PPnBM 100 persen hanya berlaku tiga bulan pertama sejak beleind terse­but diturunkan yakni Maret sampai akhir Mei 2021. Tiga bulan kedua menjadi 50 persen dan tiga bulan ketiga menjadi 25 persen.

“Selain potongan PPnBM, kami juga hadirkan diskon khusus sehingga konsumen bisa mendapatkan mobil idamannya dengan harga terjangkau. Untuk pembel­ian kredit, uang muka XL7 hanya Rp 30 jutaan sedan­gkan New Ertiga hanya Rp 16 jutaan,” terang pria yang karib disapa Memed ini.
Rahmat menuturkan, subsidi pajak mobil ini sangat membantu indus­tri otomotif khususnya PT Megahputra Kendari yang memasarkan produk mobil Suzuki.

Masyarakat juga ikut terbantu dengan adanya keringanan pajak tersebut. Ia sangat optimis penjua­lan Suzuki akan mening­kat drastis dan menguasai pangsa pasar otomotif di Sultra pada bulan Maret ini.
“Kami sangat optimis mo­bil Suzuki bisa menguasai pangsa di Sultra pada Maret ini,” pungkasnya Rahmat Ladae. (uli/b)