KENDARIPOS.CO.ID — Bank Mandiri melakukan transformasi digital dengan memperkenalkan Livin’ by Mandiri. Layanan ini sebagai penyempurnaan dari aplikasi Mandiri Online untuk meningkatkan kemudahan dan kenyamanan nasabah dalam mengakses layanan perbankan perseroan di era bank 4.0.

Aplikasi Livin’ by Mandiri ini akan menjadi super aplikasi yang memanfaatkan kemudahan dari Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan untuk menciptakan user experience yang terbaik bagi nasabah.

Vice President Bank Mandri Area Kendari, Rindra Setyawan mengatakan, Livin’ by Mandiri ini sejalan dengan salah satu fokus Bank Mandiri di 2021. Yakni untuk mentransformasi pengembangan digital banking dengan memberikan sentuhan personal yang unik dan modern dalam akses layanan keuangan yang lengkap. “Tentunya aplikasi ini menjawab harapan seperti apa suatu produk digital perbankan yang memenuhi keinginan nasabah secara end-to-end dalam satu aplikasi,” terang Rindra Setyawan kepada Kendari Pos, Kamis (18/3) kemarin.

Menurut Rindra Setyawan, sejarah transformasi perbankan digital retail di Bank Mandiri dimulai sejak 1999 melalui layanan Mandiri ATM dan EDC, yakni untuk melayani transaksi non-tunai nasabah. Transformasi berlanjut dengan Mandiri SMS dan Mandiri Call pada 2002 serta Mandiri Internet pada 2003.

Transformasi masih berlanjut di 2008 dengan menerbitkan uang elektronik berbasis chip yaitu Mandiri e-Money dan uang elektronik berbasis server yaitu Mandiri e-Cash pada 2013, Mandiri Clickpay yang memanfaatkan kartu debit pada 2011. Selanjutnya, perkembangan smartphone mendorong Bank Mandiri meluncurkan Mandiri Mobile di 2010 dan Mandiri Online di 2017 yang dapat diakses online 24/7 melalui jaringan internet.

“Lalu di tahun 2021 diluncurkan transformasi digital perbankan yang lebih lengkap yaitu Livin’ by Mandiri.Aplikasi ini sebagai bentuk akselerasi transformasi seiring pembatasan aktivitas sosial sebagai dampak Pandemi Covid-19 yang sangat membatasi mobilitas nasabah,” papar Rindra.

Lebih lanjut, Rindra mengatakan, Bank Mandiri memiliki makna tentang logo dan filosofi livin’ by mandiri yaitu letting you control your life semakin semangat jalani hidup. Hal ini karena Mandiri membantu mengontrol keuangan, assuring financial sidekick, sahabat karib yang dapat membantu mengatur keuangan dan menata kehidupan finansial lebih baik. “Semua ini tentunya membuat nasabah bisa mensinergikan banyak aspek kehidupan. Akhirnya, Mandiri bisa memberimu kebebasan untuk lebih menikmati hidup menjadi lebih seru,” ungkap Rindra.

Melalui satu aplikasi untuk semuanya, livin’ ditulis dengan gaya kuas dan tulisan tangan agar lebih personalized. Jadi, siapapun bisa menyesuaikan layanan yang mereka butuhkan dengan menggunakan aplikasi livin’. Sahabat yang bikin hidup makin seru, gaya tulisan dibuat kasual untuk menunjukkan kedekatan sahabat karib (sidekick) serta menunjukkan kenikmatan hidup (livin’) yang lebih mudah dan terkontrol. Biru untuk semangat baru warna biru melambangkan kepercayaan, keamanan, dan memperkuat sisi Livin’ by Mandiri sebagai sahabat yang dapat diandalkan.

Transformasi digital banking Bank Mandiri sejauh ini telah banyak berkontribusi optimal untuk pencapaian kinerja bisnis Bank Mandiri. Hal ini bisa dilihat dari kenaikan transaksi melalui Mandiri Online yang sekarang bertransformasi menjadi Livin’ by Mandiri terlebih di masa pandemi ini.

Hal signifikan lainnya terlihat dari user aktif dan kenaikan jumlah pembukaan rekening tabungan. “Untuk meningkatkan pengunaan transaksi online ditahun 2020 Bank Mandiri memberikan program baik undian berhadiah kendaraan maupun fiesta poin yang dapat ditukarkan langsung dengan promo potongan harga dan tukar hadiah langsung. Living a Lively Life with Livin by Mandiri selalu jadi sahabat finansial yang bisa diandalkan,” tutup Rindra. (lis/adv)