KENDARIPOS.CO.ID — Setelah kurang lebih tiga bulan berjalan, proses seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton, akhirnya memasuki babak akhir. Panitia Seleksi (Pansel) sudah mengumumkan nama tiga besar peraih nilai terbaik dari semua rangkaian uji kompetensi pejabat tersebut. Dari 54 peserta yang mengikuti asesmen, 24 kini dinyatakan layak menduduki jabatan kepala dinas atau selevelnya.

Bupati Buton, La Bakry, mengatakan, setelah diumumkan para peserta seleksi kini tinggal menunggu hasil akhir saja. Siapapun yang terpilih nantinya, sudah menjadi ketentuan atau takdir hidup bagi penerimanya. “Sudah diumumkan, kita kembalikan lagi ke KASN. Tapi yang akan dipilih hanya satu orang, tidak mungkin tiga-tiganya. Jadi kita tutup mata saja, yang paling cocok itulah orangnya,” katanya, tanpa menyebut nama-nama dimaksud, Selasa (16/3).

Bupati juga mengingatkan, nama teratas dari daftar urutan pengumuman tidak serta merta menjadi yang terbaik. Terlebih lagi di dalam dokumen itu tidak dipublikasikan perolehan nilainya. “Berdoa saja, kalau sudah garis tangannya pasti jadilah,” tambahnya.

\Bupati pun berjanji, jika tak ada aral melintang, bulan Maret ini pelantikan kepala dinas itu akan digelar. Agenda itu rencananya juga dirangkaikan dengan pengambilan sumpah jabatan direksi Perumda Mainawa. “Insya Allah di KASN tidak lama evaluasinya, supaya bulan ini bisa kita agendakan pelantikan,” komitmen La Bakry. (b/lyn)