Taspen Kendari Hadirkan Layanan Klim Otomatis ASN – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Taspen Kendari Hadirkan Layanan Klim Otomatis ASN

Penyerahan simbolis hak pensiun Tabungan Hari Tua dan Jaminan Pensiun di Kabupaten Kolaka. (TASPEN FOR KENDARI POS)

KENDARIPOS.CO.ID— PT Taspen (Persero) Cabang Kendari menghadirkan Layanan Klim Otomatis (LKO) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Kolaka. Melalui layanan ini, ASN akan mendapatkan hak Tabungan Hari Tua dan Jaminan Pensiun pertama setelah pensiun sehingga peserta tidak akan mengalami putus gaji setelah pensiun.

“LKO merupakan salah satu program andalan Taspen dalam optimalisasi pelayanan terhadap peserta Taspen ASN,” ujar Branch Manager Taspen Kendari, Fuji Widya Rachmadi kepada Kendari Pos, kemarin.

Dijelaskan, program LKO merupakan kolaborasi antara Taspen, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD/BKPSDM). Enam bulan menjelang pensiun, peserta dalam hal ini ASN dapat mengurus proses SK pensiun berkoordinasi dengan BKD/BKPSDM. Setelah SK pensiun terbit, BKAD akan menerbitkan SKPP.

“Taspen sendiri memiliki sistem yang terintegrasi dengan BKN untuk melihat Pertek ataupun nomor SK pensiun ASN dan berkoordinasi dengan Pemda (BKAD) melalui sistem SimGaji yang dibangun Taspen,” jelasnya.

Ia menuturkan, pada tanggal 1 Maret 2021, Taspen Kendari telah menyerahkan secara simbolis hak pensiun Tabungan Hari Tua dan Jaminan Pensiun kepada ASN di Kabupaten Kolaka. Ada dua orang ASN yang berkesempatan menerima secara simbolis yaitu Kasria dan Djamaluddin yang diserahkan oleh Wakil Bupati Kolaka, H. Muhammad Jayadin.

“Bupati dan wakil bupati Kolaka sangat mengapresiasi program Taspen ini dan berharap untuk tetap dikembangkan agar ASN semakin mudah mendapatkan haknya. Penerima pensiun juga mengucapkan terima kasih karena proses hak mereka sangat mudah dan lancar serta program LKO ini sangat bermanfaat bagi peserta,” tuturnya.

Selain program LKO, lanjut Fuji, Taspen Kendari juga memiliki program “Sigap” di mana jika ada ASN yang meninggal dunia, pemerintah daerah atau instansi vertikal dapat menginformasikan ke Taspen untuk pengajuan Jaminan Kematian yang diberikan kepada ahli waris. Berkas persyaratan yang diperlukan dapat menyusul sesuai waktu yang disepakati agar aturan yang berlaku tetap dijalankan.

Dimasa pandemik ini, Taspen juga sudah meluncurkan layanan berbasis online yang diharapkan dapat memudahkan peserta untuk mencari informasi dan menerima hak atas klaim melalui aplikasi e-Klim yang dapat diakses di https://eklim.taspen.co.id/e-klim/public/ dan https://tcare.taspen.co.id/tcare/. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy