KENDARIPOS.CO.ID– Surunuddin-Rasyid dinyatakan sebagai pemenang Pilkada Konawe Selatan (Konsel) usai sidang sengketa perselisihan hasil pemilihan (PHP) di Mahkamah Konstitusi (MK). Pasangan berakronim “SUARA” itu ditetapkan sebagai paslon terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konsel Senin (22/3).

Momen itu, Bupati Konsel terpilih, Surunuddin mengajak masyarakatbersinergi membangun daerah. Akselerasi antara pemerintah dan masyarakat merupakan denyut nadi dalam sebuah pembangunan daerah. Tanpa hal itu, berbagai kebijakan dan program yang diramu pemerintah sangat sulit terealisasi secara maksimal.

Ketua KPU Konsel Aliudin (kiri) saat menyerahkan dokumen penetapan Bupati dan wakil Bupati terpilih kepada Surunuddin (tengah)- Rasyid (Kanan), Senin (22/3). Muhammad Akbar Ali/Kendari Pos

“Tak ada kemenangan tanpa kekuatan. Tak ada kekuatan tanpa persatuan dan kesatuan. Semangat persatuan antara pemerintah dan rakyat wajib terjalin sehat. Dirawat dan senantiasa ditumbuhkan,” kata mantan legislator Sultra itu. Bupati Konsel dua periode itu, meminta warga turut andil mengawal berbagai program pemerintah untuk memastikan berjalan sesuai koridor dan aturan.

“Kita harus yakin, perekonomian Konsel secara perlahan akan bergerak maju. Baik sektor pertanian, perikanan, pertambangan, dan lain-lain,” ujar politisi Golkar itu. Menurutnya, progres pembangunan daerah sulit berjalan positif tanpa persatuan dan sinergi masyarakat dan pemerintah. Sekat politik, sosial, ataupun sekat lainnya bisa memengaruhi stabilitas roda pemerintahan. Gotong royong pada tatanan masyarakat dalam mendukung atau ikut andil menyukseskan program pemerintah adalah keniscayaan memajukan daerah.

“Jangan ada lagi sekat atau kubu pada pusaran masyarakat. Rival politik dalam Pilkada bagian dari dinamika. Yang menjadikan kontestasi pemilihan lebih seru. Saya mengajak masyarakat Konsel bersatu. Jangan lagi ada sekat atau golongan tertentu,” pintanya.

Surunuddin menilai akan sulit dalam mengaktualisasikan program jika tidak tercipta kekuatan persatuan. Yang mesti menjadi perhatian, kata dia, membarakan sinergi untuk memajukan Konsel. Konsel punya potensi kekayaan sumber daya alam. Jadi, pemerintah akan maksimalkan eksplorasi dan pengelolaannya dengan berbasis teknologi modern, untuk menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD),”tandasnya.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Konsel Aliudin menyerahkan dokumen penetapan paslon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Konsel Surunuddin-Rasyid kepada Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo untuk diproses lebih lanjut. “Dokumen penetapan Paslon terpilih, kami sudah serahkan ke DPRD Konsel. Dengan begitu, berakhir pula tugas KPU,” kata Aliudin, Senin (22/3).

Sementara itu, Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo mengatakan, secepatnya bakal menggelar rapat paripurna pengumuman pengesahan penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Pilkada Konsel.
“Kami sudah agendakan rapat paripurna akan dilangsungkan Selasa (23/3) di aula DPRD. (ali/b).