Sulkarnain Beri Bantuan Modal Usaha ke 108 UKM – Kendari Pos
Nasional

Sulkarnain Beri Bantuan Modal Usaha ke 108 UKM

KENDARIPOS.CO.ID — Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir meringankan beban pelaku Usaha Kecil Mikro (UKM) terdampak Covid-19. Bantuan modal usaha yang ditunggu-tunggu pelaku UKM terealisasi. Satu UKM, satu juta. Sebanyak 108 pelaku UKM menerima bantuan dari Pemkot Kendari. Penyaluran bantuan dalam rangka menguatkan kembali permodalan UKM di masa pandemi Covid-19.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan tak sedikit UKM harus tutup karena kekurangan modal usaha akibat sepinya pembeli selama masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Pemkot Kendari bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari menyalurkan bantuan modal usaha dimaksud.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kiri) menyerahkan bantuan modal usaha kepada salah satu pelaku UKM terdampak covid-19 di Kota Kendari. Bantuan tersebut diharapkan bisa jadi stimulus di masa pandemi.

Dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemkot Kendari yang berhasil dikumpulkan Baznas mencapai Rp 1,5 miliar. Sebagian besar dana sudah disalurkan kepada mereka yang berhak dan pelaku UKM pada 2020 lalu. Adapun sisa dana sekira Rp 400 juta disalurkan tahun ini.

“Mudah-mudahan bantuan yang kami berikan bisa menjadi stimulus bagi saudara-saudara kita para pelaku UKM untuk bisa memulai usahanya kembali. Supaya ekononomi kita kembali berjalan seperti bisa,” kata Sulkarnain Kadir saat menyalurkan bantuan modal usaha kepada pelaku UKM di Kelurahan Poasia.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Baznas Kendari, Alimuddin mengungkapkan, 108 pelaku UKM yang menerima bantuan modal tersebar di 7 Kecamatan. Rinciannya, Kecamatan Kambu 23 orang, Poasia 4 orang, Baruga 12 orang, Kadia 14 orang, Wuawua 4 orang, Abeli 48 orang dan Kecamatan Nambo 3 orang.

Alimuddin memastikan, bantuan modal usaha sebesar Rp 1 juta per UKM yang disalurkan sudah tepat sasaran lantaran pihaknya telah melakukan verifikasi terhadap penerima. “Calon penerima modal itu mengajukan permohonan kepada Baznas. Mereka melengkapi persyaratannya berupa surat pernyataaan yang ditandatangani lurah sebagai bukti bahwa warga di kelurahan itu dan benar-benar terdampak Covid-19. Kemudian melampirkan foto usahanya,” kata Alimuddin. (ags/b)

Bantuan Modal Usaha Pelaku UKM
-Penerima Bantuan 108 UKM
-Besaran Rp 1 Juta Per-UKM
-Sumber Dana ZIS ASN Pemkot yang Dikelola Baznas

Rincian Penerima Perkecamatan
-Kambu 23 UKM -Wuawua 4 UKM
-Poasia 4 UKM -Abeli 48 UKM
-Baruga 12 UKM -Nambo 3 UKM
-Kadia 14 UKM

SUMBER : PEMKOT KENDARI
DATA DIOLAH KENDARI POS

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy