KENDARIPOS.CO.ID — 15 khafilah asal Buton Tengah (Buteng) akan mengikuti Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai tanggal 2-6 April mendatang. Sekertaris Kabupaten (Sekab) Buteng, H. Kostantinus Bukide secara resmi melepas keberangkatan duta terbaik daerah itu, Jumat (26/3) di aula kantor bupati. Kostantinus memberi dukungan dan mendorong para peserta STQH Buteng lebih percaya diri dalam mengikuti kompetisi.

Sekab Buteng, H. Kostantinus Bukide (tengah) dan Kepala Kemenag, Khalifa (keempat dari kiri) bersama dengan peserta STQH Buteng, usai seremoni pelepasan,

“Dengan suport dari semua pihak, Insya Allah dapat mengantarkan anak didik kita untuk lebih percaya diri dalam bertanding. Semoga saja, khafilah Buteng bisa meraih juara pada STQH tingkat provinsi Sultra,” ujarnya, kemarin. Ia optimis para duta Butenf mampu meraih juara. Apalagi mereka sudah sering mengikuti seleksi pada level provinsi dan meraih hasil memuaskan.

“Dari beberapa lomba STQH, sudah pernah diikuti oleh anak didik kita. Hari ini mereka siap kembali untuk berkompetisi. Semoga saja, khafilah Buteng dari 15 peserta yang akan bertanding bisa mendapatkan juara. Minimal peringkat tiga terbaik,” pintanya.

Ia meminta para pelatih maupun pendaping untuk bekerja sebaik-baiknya. Yang terpenting saat ini menyiapkan mental dan kesehatan para khafilah. “Dimasa pandemi Covid-19 saat ini, baiknya kita harus menjaga kesehatan para peserta. Agar pada saat lomba tidak ada hambatan bagi mereka,” tandas Konstantinus. Sementara itu, Kepala Kemenag Buteng, melalui Kepala Seksi Pendidikan Islam, Hasim Umar, menambahkan, sejauh ini kondisi peserta STQH dalam keadaan siap bertanding. “Alhamdulillah, kesehatan mereka saat ini terjaga dengan baik. Untuk kesiapannya, sudah tidak ada masalah,” ungkapnya. Hasim menyakini ada beberapa cabang lomba yang bisa dijuarai peserta Buteng. Diantaranya, Tilawah anak-anak dan Tilawah dewasa putri yang pernah mendapatkan juara 2 dan 3 tingkat provinsi. (c/rud)