Proses UNBK SMA 4 Kendari beberapa waktu lalu


KENDARIPOS.CO.ID— Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 resmi diumumkan secara nasional tanggal 22 Maret. Sebagai salah satu sekolah favorit di Sultra ini, secara mengejutkan tak satupun siswa SMAN 4 Kendari yang dinyatakan lulus seleksi yang sebelumnya dikenal sebagai bebas tes tersebut.

Kepala SMAN 4 Kendari, Liyu, mengatakan siswanya memang tak satupun yang lulus jalur SNMPTN. Hal ini akibat karena adanya kesalahan saat penginpu­tan data pendaftaran. Atas hal itu, tak satupun siswa yang terdaftar sebagai pe­serta SNMPTN tahun 2021, sehingga secara otomatis tidak ada yang dinyatakan lulus.

“Sebenarnya sangat ke­cewa, dimana telah terjadi kesalahan pada awal pen­daftaran, yang menyebab­kan seluruh siswa kami tidak bisa ikut serta dalam SNMPTN. Harus diakui, kami mengalami sejum­lah rentetan masalah pada awal registrasi siswa untuk bisa ikut seleksi bebas tes tersebut,” ungkap Liyu, Senin (22/3).

Lanjut dia, pihaknya juga sudah melakukan berbagai upaya agar para siswa bisa ikut SNMPTN, semisal melakukan pen­gusulan di tim pusat, mencarikan solusi agar siswa bisa ikut SNMPTN. Namun, kondisinya me­mang tidak memungkin­kan. “Ini pertama kali di SMAN 4, dimana tak satu­pun siswanya yang lolos SNMPTN,” ujarnya.

Saat ini, pihak SMAN 4 Kendari melakukan berbagai upaya agar se­luruh siswa bisa ikut di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan mel­akukan pendaftaran se­cara online di akun resmi LTMPT.

“Sekarang kami hanya fokus agar seluruh siswa bisa terdaftar di jalur SBMPTN. Alhamdulilah sekarang seluruh siswa kami sudah daftarkan. Kami juga sedang mem­bangun komunikasi den­gan berbagai perguruan tinggi, baik di Sultra mau­pun di Pulau Jawa untuk melakukan konsultasi, agar para siswa kami itu bisa ikut di jalur SBMPTN tanpa adanya masalah adminis­trasi,” harap Liyu.Diakuinya, menghadapi SBMPTN ini, pihaknya su­dah melakukan persiapan yang sangat matang. Selu­ruh siswa dipersiapkan se­cara mental dan akademik dengan baik, agar nantinya mereka bisa lulus di jalur tersebut.

“Sudah hampir satu bulan lebih, kami mem­persiapkan seluruh siswa jelang mengikuti tes SBMPTN, melalui pen­gayaan kepada secara ru­tin, dihampiri seluruh mata pelajaran sesuai dengan ju­rusan masing-masing. Ini kami tempuh untuk mel­akukan yang terbaik di tes kedua tersebut agar siswa kami itu bisa lulus 100 persen nantinya,” tukasn­ya. (Ilw/b)