Makmur, M.Pd

KENDARIPOS.CO.ID– Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait pelaksanakan proses belajar mengajar (PBM) tatap muka Juli mendatang, ditindaklanjuti Pemerintah Kota Kendari. Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari memastikan sudah siap menjalankan kebijakan pembelajaran ofline tersebut. Informasi itu disampaikan Kadis Dikmudora Kota Kendari, Makmur, M.Pd.

Menurutnya, sebagai kepatuhan terhadap kebijakan pusat, Dikmudora siap menjalankannya. Tentu saja dengan tetap memperhatian segala protokol kesehatan penanggulangan Covid-19. “Prinsipnya, kami siap melaksanakan PBM tatap muka. Kebijakan seperti ini, bukan pertama kali dikeluarkan. Sehingga, tentu kami sudah siap. Mulai dari penyediaan sarana dan prasarana kelengkapan protokol kesehatan di seluruh sekolah, penerapan jaga jarak, dan sebagainya. Itu semua sudah sangat siap 100 persen,” ungkap Makmur, kemarin.

Diakuinya, untuk persiapan seluruh sekolah, sudah lama. Tepatnya, sejak awal masuknya corona. Itu sudah diimbau untuk menyiapkan segala sesuatunya. “Dalam prosesnya, meski pembelajaran tidak tatap muka, kami tetap pantau terus menerus. Terutama kesiapan prokes. Ini untuk memastikan, semua sesuai standar pencegahan pandemi covid-19,” jelasnya.

Kendati begitu, pihaknya akan kembali melakukan verifikasi di seluruh sekolah. Mengecek kesiapan mereka dalam mengikuti belajar tatap muka Juli mendatang. “Insyaallah, kami memastikan kelayakan dan keamanan seluruh sekolah,” ujarnya. Pria berkacamata tersebut berharap, kebijakan penyelenggaraan belajar tatap muka, yang akan dilaksanakan di semester genap mendatang, itu bisa menjadi awal mula bangkitnya sistem pendidikan di Indonesia.

“Pastinya, ini akan sangat positif, jika pembelajaran tatap muka dilaksanakan. Selama ini, proses belajar online kurang efektif. Sehingga, kembalinya belajar secara langsung, bisa memberikan loncatan bagi perubahan pendidikan menjadi lebih baik,” pungkasnya. (c/ilw)