KENDARIPOS.CO.ID — Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) berupaya meningkatkan pelayanan dalam pengurusan pajak pengguna kendaraan bermotor. Kepala Unit Samsat Kabupaten Konsel, Nasir Mundu, mengaku, pihaknya giat melakukan sosialisasi pada masyarakat terkait pelayanan administrasi pajak kendaraan bermotor (PKB). “Selain itu kita terus berkordinasi dengan institusi Polres Konawe Selatan terkait berapa jumlah pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat di wilayah ini,” ungkapnya, akhir pekan lalu.

Nasir Mundu

Nasir Mundu juga berharap kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konsel melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terkait data penduduk. Dengan demikian, pihaknya bisa menganalisa berapa data penduduk pengguna kendaraan bermotor. Dijelaskannya, pada lembaga yang dipimpinnya itu, terdapat empat institusi berkolaborasi memberikan pelayanan administrasi satu atap. Mulai dari Bank Sulawesi Tenggara, Polres, Jasa Raharja dan Dispenda. Pihaknya terus berusaha memberikan pelayanan prima pada masyarakat. “Sesuai standar operasional pelayanan yang kita terapkan, untuk pengesahan administrasi paling lambat 15 menit selesai,” jelasnya.

Ia merinci, setiap bulan pihaknya berhasil memberikan pelayanan pada wajib PKB hingga seribuan berkas. “Untuk bulan Februari lalu, sebanyak 812 unit kendaraan yang melakukan pelunasan pajak. Itu untuk semua jenis kendaraan,” tambah Nasir Mundu.
Ia berharap, kesadaran masyarakat bisa lebih meningkat dengan adanya sinergi bersama Pemkab dalam menginventarisasi sejumlah pengguna kendaraan wajib pajak di Konsel. “Juga dengan memberikan pelayanan secara keliling di tiap kecamatan. Tapi tentu harus didukung dengan sumber daya manusia dan sarana trasnportasi memadai,” tandasnya. (c/kam)