KENDARIPOS.CO.ID — Kobaran semangat membangun daerah tetap terpatri kokoh dalam sanubari sosok Samahuddin. Bupati pertama pilihan rakyat Buton Tengah itu tak sungkan blusukan ke pelosok wilayahnya untuk memastikan tersentuh pembangunan yang digaungkan. Samahuddin menggerakan potensi daerah agar laju pembangunan berjalan dinamis dalam bingkai visi misi menuju Buteng Berkah.

Tim Safari Jurnalistik Kendari Pos bersama Bupati Buton Tengah Samahuddin (kaos merah). Tampak Direktur Kendari Pos La Ode Diada Nebansi (dua kiri), Direktur KendariNews.com Awal Nurjadin (tiga kanan), Pemimpin Redaksi Inong Saputra (dua kanan), Wadir Produksi dan Litbang Arifuddin Mangka (kanan) dan Manajer Sirkulasi Resmin (kiri).

Infrastruktur dasar dibangun yang beririsan dengan pembangunan pada sektor lainnya. Sebut saja, pembangunan sumber daya manusia melalui sektor pendidikan dan kesehatan. Sektor pertanian, perkebunan, ekonomi dan pariwisata tak luput sentuhan tangan dingin kepemimpinan Bupati Buteng Samahuddin.

“Untuk menopang roda ekonomi terus bergerak dinamis maka harus didukung infrastruktur memadai. Infrastruktur yang baik akan menunjang mobilitas dan distribusi barang dan jasa. Dalam tiga tahun terakhir memimpin Buteng, pembangunan jalan sudah kami dilakukan. Begitu pula sektor perikanan, pertanian dan pariwisata,” ujar Bupati Buteng Samahuddin kepada Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi saat kunjungan tim safari jurnalistik Kendari Pos, Rabu (17/3) kemarin.

Bupati Buteng Samahuddin menjelaskan karya pembangunan yang digencarkannya semata-mata demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Buteng. Bupati Samahuddin terus memacu etos kerja ASN Pemkab Buteng, terutama dalam aspek pelayanan publik. “Saat ini saya mulai fokus membangun kantor-kantor OPD. Gerbang perbatasan Kabupaten Muna dan Buteng akan dilanjutkan tahun ini. Begitu pula Tugu Labungkari dan pembangunan pada sektor lainnya,” jelas Samahuddin.

Ketua DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Buteng itu mengaku persembahan karya pembangunan yang dilakukannya didedikasikan untuk rakyat dan daerah Buteng. “Saya hanya kerja, kerja dan kerja sesuai amanah yang diberikan rakyat kepada saya. Penilaian atas kerja saya, nanti masyarakat yang nilai,” ungkap Bupati Samahuddin.

Bupati Buteng Samahuddin menegaskan kontribusi media massa tak sedikit dalam perkembangan pembangunan Buteng. Terutama media massa sekaliber Harian Kendari Pos.
Bagi Samahuddin sinergi ini mesti dirawat. “Sinergisitas Pemkab Buteng dan Harian Kendari Pos mesti tetap berjalan harmonis. Sajian informasi tentang pembangunan Buteng selalu dikemas apik, aktual dan berimbang,” sebut Samahuddin. (rud/c)

Buteng dalam Polesan Samahuddin

Infrastruktur
-Jalan
*Ruas jalan dipoles aspal
*Perbaikan infrastruktur jalan
*Pengerasan jalan

-Simpang Lima
*Simpang lima jadi ikon Buteng
*Letaknya di Desa Labungkari Kecamatan Gu
*Wajahnya sudah terbentuk
*Ada tiga ruas jalan utama, dan dua ruas baru
*Lima ruas itu menghubungkan Lakudo, Mawasangka, Lombe dan Wadiabero

-Tugu Religi
*Didesain megah di tengah simpang lima Labungkari
*Tugu sedang dibangun
*Menjadi maha karya Bupati Buteng, Samahuddin
*Konsep dan desainnya mengadopsinilai, budaya dan kekayaan tradisi masyarakat Buteng
*Tugu menggambarkan kekhasan Buteng sebagai daerah religius

Sektor kesehatan :
-Membangun fasilitas pelayanan publik
*RSUD
*Puskesmas
*Poskesdes, Polindes & Posyandu
*Menekan angka kematian ibu dan anak
*Peningkatan gizi anak

Sektor pendidikan :
-Membangun gedung sekolah
-Siswa kurang mampu diberi beasiswa Cerdas Samatau

WTP
-Raih opini WTP tiga kali sejak tahun 2017
-Tahun 2020, raih WTP ketiga atas tahun anggaran 2019
-Buteng peringkat pertama tindak lanjut rekomendasi BPK yakni sekira 95,15 persen
-Bagi Bupati Samahuddin, raihan WTP adalah kerja keras seluruh OPD
-Samahuddin bertekad raih WTP tahun 2021

Sektor Pariwisata
-Bupati Samahuddin menjadikan Buteng destinasi wisata lokal dan mancanegara
-Kampanye visitasi wisatawan melalui jargon “paradise on cave” atau surga di atas gua.
-Samahuddin ingin julukan Buteng Negeri Seribu Gua mendunia
-Gua Oe Mamba di Kec.Mawasangka Timur paling populer
-Sering dikunjungi wisatawan asal Prancis, Jerman, dan Hongkong
-Buteng juga punya potensi wisata pantai

DATA DIOLAH KENDARI POS DARI BERBAGAI SUMBER