KENDARIPOS.CO.ID — Kursi milik PKB di 17 kabupaten/kota di Sultra baru 33 kursi. Partai besutan Muhaimin Iskandar itu ingin membangun kekuasaan di parlemen dengan menambah jumlah kursi. Pilcaleg 2024 mendatang, PKB target tambah 30 kursi di parlemen kabupaten/kota.

Ketua DPW PKB Sultra Jaelani mengatakan meskipun pelaksanaan pemilu masih lama, namun partainya sudah mematangkan persiapan. Setidaknya, upya menyolidkan kader terus dilakukan guna mewujudkan misi menambah kursi parlemen.

Jaelani

Alumni FISIP UHO itu mengatakan saat ini PKB memiliki tiga kursi parlemen Sultra dan 33 kursi PRD kabupaten/kota. Keinginan partai di tahun 2024, kata dia memiliki 63 kursi parlemen kabupaten/kota. Artinya tinggal tambah 30 kursi lagi.

Ketika kursi bertambah, kata dia, jalan untuk berlaga di Pilkada makin terbuka lebar. Apalagi syarat pencalonan di Pilkada, kata dia, tergantung dengan kursi milik parpol di parlemen. Partainya selalu berupaya agar setiap kabupaten punya kursi DPRD.

Ia menambahkan kini ia mulai menata struktur partai dari level DPW, DPC, DPAC hingga sampai ranting. Langkah itu upaya meneguhkan komitmen PKB Sultra dalam menatap pemilu 2024 mendatang. Apalagi PKB target kursi di senayan dan enam kursi DPRD Sultra agar masuk unsur pimpinan.

Untuk memudahkan meraih target itu, Jaelani akan membentuk Laskar Gus Ami berbasis kader tempat pemungutan suara (TPS), memperkuat sinergi PKB dan Nahdlatul Ulama di daerah, determinasi pemilih millenial, perluasan konstituen, rebranding green party dan menguasai opini sosial media. Termasuk, pembentukan daerah basis PKB tingkat kabupaten dan kota dan penerimaan anggota baru PKB. (agr/c).