KENDARIPOS.CO.ID-Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Muna akan membentuk kelompok kerja (Pokja) komoditas untuk meningkatkan produksi hasil pertanian di daerah itu. Pokja itu bertugas memberi pendampingan ke petani mulai dari masa bercocok tanam hingga pemasaran.

Kepala DTPHP Muna, La Ode Anwar Agigi

Kepala DTPHP Muna, La Ode Anwar Agigi menerangkan pembentukan Pokja tersebut bertujuan memudahkan petani dalam kegiatan budidaya. Bahkan, Pokja juga akan membangun jaringan bisnis agar hasil produksi pertanian dapat dipasarkan dengan mudah. “Ini akan segera kita bentuk untuk memudahkan petani kita mulai dari masa tanam sampai pemasaran,” jelasnya.

Ia menambahkan, Pokja tersebut akan dibekali ilmu pertanian untuk mendukung pelaksanaan tugasnya. Dinas juga akan menerapkan penilaian kinerja terhadap anggota Pokja agar pendampingan ke petani dilakukan secara serius. Dinasnya sendiri berharap, kehadiran Pokja akan memberi dampak positif terhadap peningkatan produksi pertanian.

“Kita targetkan ada peningkatan hasil. Misalnya padi. Dari 4,5 ton sampai 8 ton per hektar. Pokja juga akan memberi pendampingan ke berbagai komoditas. Termasuk jambu mete dan kelor,” imbuhnya. (b/ode)/KP