KENDARIPOS.CO.ID–royek jalur lingkar luar atau Outer Ringroad Kota Kendari kembali dilanjutkan. Tahun 2021, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XX Kendari telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 300 miliar. Saat ini, prosesnya telah masuk tahap lelang.

Kepala BPJN XXI Kendari, Yohanis Tulak Todingrara membenarkan informasi itu. Hanya saja, ia tak menjelaskan secara gamblang rencana pembangunannya. Namun ia memastikan pembangunannya akan dilanjutkan tahun. “Pembangunan outer ring road ditangani balai jalan. Kita mulai tahun 2021. Saat ini masuk proses lelang,” bebernya singkat kemarin.

Anggaran

Di tempat terpisah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan tetap memberi support terutama soal kebutuhan data atau dokumen pendukung pekerjaan yang dibutuhkan. “Mudah-mudahan proses pelaksanaan tender bisa segera dirampungkan. Saya pastikan akhir tahun ini (Outer Ringroad) sudah bisa dinikmati oleh masyarakat,” katanya kemarin.

Pengerjaan Outer Ringroad kata dia, sempat terhenti tahun lalu. Itu disebabkan recofusing Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Kendari pada 2020 lalu. Di mana seluruh anggaran pembangunan dialihkan untuk percepatan penanganan covid-19 yang bahkan berlanjut sampai saat ini (anggaran 2021).

Oleh karena itu, pihaknya sengaja melibatkan BPJN XXI Kendari dalam penuntasan pekerjaan mengingat pembiayaan jalur lingkar luar kota yang tidak sedikit. “Kalau hanya mengandalkan APBD kita akan sangat terbebani. Oleh karena itu, kemarin kami coba membangun komunikasi dengan pemerintah pusat lewat balai (BPJN). Alhamdulillah, disetujui dan tahun ini sudah akan ditangani pemerintah pusat melalui APBN,” ujarnya. (b/ags)