Neraca Komoditas Pangan di Kendari Surplus – Kendari Pos
Metro Kendari

Neraca Komoditas Pangan di Kendari Surplus

KENDARIPOS.CO.ID — Warga Kota Kendari tak perlu khawatir terjadi kelangkaan pangan. Hingga kini, ketersedian kebutuhan pangan di Kota Kendari terbilang mencukupi. Buktinya, neraca komoditas pangan di masa pandemi tetap mengalami surplus. Berdasarkan peta prioritas komposit di 65 kelurahan, 51 diantaranya memberi kontribusi positif.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kendari, Hj Hasria mengatakan seluruh komponen bahan pangan tetap surplus. Kondisi ini pertanda ketahanan pangan di masa pandemi masih stabil. Dari 65 Kelurahan, sebanyak 51 Kelurahan berkontribusi positif terhadap surplus neraca komoditas pangan Kota Kendari.

Rinciannya, 24 kelurahan dengan kategori tahan pangan rendah, 21 kelurahan tahan pangan sedang dan 6 kelurahan tahan pangan tinggi. Enam kelurahan tahan pangan dimaksud yakni Kelurahan Wundudopi, Watubangga, Wuawua, Anaiwoi, Wawowanggu dan Kandai.

“Sementara itu, ada 14 Kelurahan lainnya tercatat sebagai wilayah rentan pangan. Rinciannya, rentan kategori rendah 11 kelurahan dan kategori sedang 3 kelurahan. Tiga kelurahan kategori sedang rentan pangan yakni Kelurahan Labibia, Tobimeita dan Bungkutoko,” jelasnya.

Hasria mengungkapkan, penyebab masih adanya wilayah yang rentan pangan karena tingkat kesejahteraan warga yang masih rendah di kawasan itu, juga kelurahan yang tidak memilik akses penghubung yang memadai. “Tentu ini jadi perhatian untuk kita tuntaskan bersama. Saya harap seluruh elemen, lintas sektor untuk kita dorong kelurahan yang masih kurang perannya supaya bisa berperan dalam menajaga ketahanan pangan kita,” kata Hasria. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy