KENDARIPOS.CO.ID — Pengerjaan Rumah Sakit (RS) Jantung dan Pembuluh Darah tahap II segera dimulai. Tahapan tender mega proyek ini akhirnya bisa dirampungkan. Kamis (18/3), Pemprov melalui Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra melakukan penandatangan surat pemenang tender.

Pembangunan Rumah Sakit Jantung empat lantai di jalan Sam Ratulangi, Kendari. Pembangunan RS Jantung dan Pembuluh Darah di Kota Kendari akan menjadi rujukan di bagian Indonesia timur

“Lelang proyek RS Jantung sudah ada pemenang. Barusan, kita menandatangani surat pemberitahuan pemenang tender. Pemenangnya yakni dari PT. Citra Prasasti Konsorindo (Cipako) yang beralamat di Bekasi, Jawa Barat (Jabar),” kata Pahri Yamsul usai penandatangan kontrak.

Saat ini, proyek RS sudah dalam tahap review rencana anggaran biaya (RAB) di Inspektorat. Tahapan ini merupakan proses sebelum memulai pekerjaan di lapangan. Sebab jangan sampai ada kejanggalan dengan penawaran. “Jadi itu yang kita review sekarang, ” terangnya.

Setelah review inspektorat, kedua gambar bakal dicocokkan dengan penawaran. Saat ini, Owner Estimate ( OE) Rp. 325 miliar, tetapi ditawar pemenang tender menjadi Rp 315 miliar. “Harus diperiksa secara baik. Di mana anggaran kontrak dengan perusahaan pemenang tender jauh lebih sedikit dari EO kita yakni Rp 315.279.900. Ini tentu terbuang sekian miliar dari kontrak. Jadi, ini yang bakal diperiksa,” jelas mantan Manajer Timnas Softball.

Rencananya, review RAB bakal dilakukan selama 3 hari kerja atau tuntas tanggal 22 Maret. Setelah itu, baru bisa dilakukan penandatanganan kontrak. “Janjinya tiga hari review sampai hari senin. Bila inspektorat selesai, hari itu juga langsung tanda tangan kontrak. Hari berikutnya, bisa langsung dikerjakan,” pungkasnya. (b/rah)

RS Jantung dan Pembuluh Darah Tahap II
-Pemenang Tender PT. Citra Prasasti Konsorindo
-Harga Penawaran Rp 315 Miliar (Pagu Rp 325 Miliar)
-Review RB Tiga Hari Kerja
-Tandatangan Kontrak 22 Maret
-Pengerjaan 23 Maret

-Skema Pengerjaan Multiyear
-Masa Kerja 18 Bulan (Pertengahan 2022)
-Konstruksi Lantai 5-17