KENDARIPOS.CO.ID-Bupati Muna Barat (Mubar), Achmad Lamani punya konsep berbeda menata Kota Laworo. Tidak hanya sekedar membangun infrastruktur, mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Mubar ingin menata wajah kota Laworo sejalan dengan visi-misi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. Atas dasar itulah, ia menggagas Laworo sebagai kota dalam taman.

Achmad Lamani

Untuk merealisasikan gagasan itu kata dia, harus dimulai dari awal. Mulai perencanaan hingga upaya meningkatkan kesadaran warga menjaga kebersihan. Sebab program pembangunan daerah tak akan maksimal jika hanya mengandalkan Pemda. Masyarakat perlu dilibatkan agar program kerja pemerintah bisa sejalan.

“Langkah awal yang harus kita lakukan dalam kesadaran masyarakat. Mari kita membersihkan dari rumah sendiri. Setelah itu baru kita beralih ke depan rumah dan pekarangan. Saya kira menjadi Mubar sebagai daerah yang asri dan indah bukanlah mustahil bila kita kompak,” ujarnya kemarin.

Kawasan perkotaan lanjutnya, akan ditata lebih hijau. Makanya, taman-taman harus dirawat dan akan terus ditambah. Dengan begitu, kondisi udara lebih bersih. “Jangan biarkan daerah kita tumbuh tanaman liar. Minimal 20 meter dari badan jalan itu terlihat bersih,” jelasnya. (c/yaf)

Meskipun terhitung sejak dilantikan tanggal 8 Maret lalu hanya setahun men jalankan tugas sebagai Bupati Muna Barat, namun niatan Achmad Lamani untuk menjadikan Mubar sebagai daerah yang indah dan asri, itu menjadi target.

Tidak tanggung dirinya memproyeksikan bahwa sisa masa tugasnya nanti sebagai bupati, Kabupaten Muna Barat sudah miliki “kota dalam taman”.(KP)