Kuota Terbatas, Seleksi Lebih Ketat, IAIN Kendari Buka Pendaftaran Maba Jalur SPAN-PTKIN – Kendari Pos
Edukasi

Kuota Terbatas, Seleksi Lebih Ketat, IAIN Kendari Buka Pendaftaran Maba Jalur SPAN-PTKIN


KENDARIPOS.CO.ID—Pendaftaran mahasiswa baru (Maba) sudah mulai dibuka di seluruh perguruan tinggi. Salah satunya di IAIN Kendari. Mereka membuka jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN – PTKIN).

Ketua Panitia Lokal (Panlok) Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag mengungkapkan, setiap tahun, IAIN Kendari membuka seleksi penerimaan maba jalur prestasi. Artinya kampus memberikan kesempatan bagi mereka yang memiliki keunggulan, baik akademik dan non akademik untuk mendaftar lewat jalur prestasi ini.

“Pendaftaran jalur SPAN-PTKIN dibuka secara nasional. Siapa saja boleh mendaftar. Kuotanya hanya 510 orang. Sehingga persaingannya cukup ketat. Pendaftar yang lulus lewat jalur ini, langsung dinyatakan sebagai mahasiswa IAIN Kendari. Tanpa melakukan tes tertulis lagi,” ungkap Husain, Jumat (5/3).

Dijelaskan, terkait sistem pendaftaran SPAN-PTKIN, penilaian menggunakan portofolio atau nilai raport siswa. Mulai kelas 10 sampai 12. Sehingga bisa dibilang persaingannya murni dari hasil yang didapatkan selama di bangku sekolah. “Mereka yang mempunyai nilai tertinggi langsung dinyatakan lulus. Nanti akan dilakukan perengkingan. Juga berdasarkan berbagai prestasi yang mereka raih. Terutama di bidang akademik. Poin-poin inilah yang akan menjadi dasar untuk menentukan kelulusan,” jelasnya.

Lanjut dia, secara umum, kuota calon maba sekira 1.700 orang. Itu terbagi beberapa jalur pendaftaran. Yaitu: SPAN-PTKIN, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau UM – PTKIN, dan jalur Seleksi Mandiri. “Khusus jalur prestasi atau SPAN-PTKIN, kuotanya 30 persen atau sekira 510 orang. Jalur UM-PTKIN 50 persen, dan jalur Seleksi Mandiri 20 persen,” katanya.

Sekadar informasi, siswa dapat melakukan pendaftaran pada jalur SPAN PTKIN, setelah didaftarkan pihak sekolah dan memperoleh username dan password. Itu digunakan untuk login pada laman www.span-ptkin.ac.id. Pendaftaran siswa dibuka mulai 19 Februari dan berakhir 15 Maret 2021. Sedangkan pendaftaran untuk jalur UM-PTKIN dimulai April mendatang. (c/ilw)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy