Kades dan Lurah di Kolut Harus Tanggap Antisipasi Banjir – Kendari Pos
Kolaka Utara

Kades dan Lurah di Kolut Harus Tanggap Antisipasi Banjir

KENDARIPOS.CO.ID — Setiap kali hujan mengguyur dengan lebat, sejumlah kompleks perumahan termasuk jalan raya pada beberapa titik dalam lingkar ibu kota Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) kerap digenangi banjir. Masyarakat menilai kondisi tersebut disebabkan karena saluran drainase yang buruk, hingga perlu dilakukan pembenahan. Satu contoh adalah ruas jalan Tugu Kelapa-Simpang Empat menuju Desa Pitulua.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolut, Hj. Syamsuryani, enggan berkomentar lebih terkait persitiwa tersebut. “Kalau soal itu biar instansi teknis yang menjawab. Kalau sifatnya berhubungan dengan alam, maka saya siap mengomentari,” argumennya. Dari pantauan lapangan tersebut terlihat, memang telah ada drainase pada dua sisi jalur termasuk di kompleks-kompleks pemukiman. Tetapi kerap tersumbat oleh sampah dan membuat aliran air terputus tanpa pembuangan akhir yang jelas.

Kurang lebih dua bulan kedepan disampaikan Hj. Syamsuryani, masih ada potensi curah hujan tinggi sebelum beralih musim. Ia menyampaikan untuk diketahui publik ketika bencana terjadi, BPBD tidak punya stok logistik, terkecuali bantuan yang bisa disalurkan saat insiden berlangsung. “Yang lalu-lalu memang ada stok yang dikirim BNPB melalui Pemprov. Sekarang tidak ada lagi apalagi sejak pandemi,” katanya.

Ia menyarankan agar sekiranya pada masing-masing pemerintah wilayah semisal desa maupun lurah menjadikan hal itu sebagai fokus perhatian. “Contoh kecil, ajaklah warga bekerja bakti bersihkan drainase termasuk sungai untuk menjauhi potensi penyumbatan sebelum maupun ketika musim penghujan. Kan itu untuk semua warganya sendiri,” imbuh Syamsuryani. Selain itu, masyarakat diharapkan tidak sengaja menutup penuh drainase jikalau memang sedang lakukan pembangunan rumah dengan material timbunan. Hal ini kerap dilakukan dan diharapkan Kades atau lurahnya bisa menyampaikan teguran karena akan merugikan orang banyak. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy