Guru di SMAN 9 Kendari saat beraktivitas.

KENDARIPOS.CO.ID — Ujian Sekolah (US) tingkat SMA/SMK dilaksanakan pada tanggal 29 Maret sampai 7 April mendatang. Seluruh sekolah kini tengah melakukan persiapan matang agar siswanya sukses mengikuti ujian penentu kelulusan tersebut.

Berbagai upaya dan usaha akan dilakukan sekolah agar siswa memperoleh hasil yang maksimal. Di SMAN 9 Kendari, siswanya diwajibkan mengikuti pengayaan selama satu bulan lebih.

Kepala SMAN 9 Kendari, Dr. Aslan, mengungkapkan dalam menghadapi ujian diperlukan persiapan, mulai dari segi mental, fisik, dan akademik.

“Kami sudah melakukan pengayaan atau pembelajaran tambahan selama satu bulan terakhir ini. Kami berharap siswa bisa siap menghadapi US, yang akan menentukan nasib mereka ke depan, apakah akan lulus atau tidak. Makanya persiapan US sangat perlu bagi mereka, agar bisa mendapatkan hasil terbaik dalam US,” ungkap Aslan, Rabu (24/3).

Dijelaskan bahwa pengayaan dilakukan secara daring, karena Kota Kendari masih dalam status pandemi Covid-19. Makanya, alternatif yang dinilai paling efektif adalah pengayaan dengan sistem online.

“Umumnya menggunakan sistem online, tetapi bagi siswa yang merasa belum paham akan materi yang disampaikan oleh guru, bisa langsung datang ke sekolah secara langsung. Namun secara bergantian dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Karena para guru berada di sekolah sampai sore hari, ini dilakukan untuk bisa memberikan pelayanan pendidikan yang baik bagi siswa,” terangnya.

Pria berkacamata ini pu. berharap agar siswanya bisa memberikan yang terbaik dalam pelaksanaan US tahun ini. Mengingat berbagai persiapan telah dilakukan, tentu dapat memberikan hasil yang maksimal.

“Kami sangat berharap siswa bisa mendapatkan nilai yang terbaik dalam US, dimana dengan usaha dan upaya yang telah dilakukan. Saya yakin akan memberikan sebuah hasil yang indah karena segala perbuatan yang dibarengi dengan kerja keras pasti akan memetik hasil yang indah. Kami tentu lebih bangga bila seluruh siswa bisa mendapatkan nilai yang terbaik di ujian kali ini,” tandasnya.

Jumlah siswa yang akan mengikuti US di SMAN 9 Kendari mencapai 356 orang, terdiri dari kelas IPA 181 orang, IPS 141 orang, dan Bahasa 34 siswa. (Ilw/b)