KENDARIPOS.CO.ID — Kesan sederhana begitu terasa di momen hari jadi Kabupaten Konawe ke-61, Rabu (3/3). Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Konawe tahun ini dikemas lebih sederhana. Tanpa upacara maupun pameran pembangunan seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe hanya menggelar syukuran dengan memotong nasi tumpeng dan disantap bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, mengatakan, dampak pandemi Covid-19 menjadi salah satu alasan pemkab hanya menggelar syukuran sederhana pada peringatan hari lahir ke 61 Konawe. Dirinya mengantisipasi dengan tak menggelar upacara maupun pameran pembangunan sebab berpotensi mengundang kerumunan massa yang besar.

“Sehingga kita hanya syukuran saja, potong tumpeng dan makan bersama. Yang penting makna HUT Konawe untuk lebih memajukan daerah bisa kita lakukan,” ujar mantan Ketua DPRD Konawe itu, di ruangan kerjanya.

Kesempatan itu, Kery Saiful Konggoasa mengingatkan jajarannya giat bekerja dan terus melakukan yang terbaik buat masyarakat. Ia menyebut, Pemkab erus berupaya membangun daerah. Namun pembangunan dimaksud, bukanlah membangun kantor atau gedung bertingkat yang hanya akan menghabiskan anggaran miliaran rupiah. Yang terpenting ialah bagaimana membangun sumber daya manusia (SDM) di Konawe dengan cara menguatkan perekonomian warganya. Hal itu, menurutnya, bisa dilakukan dengan memberikan atensi terhadap sektor-sektor usaha yang mayoritas digeluti masyarakatnya.

“Silakan mengerjakan usaha-usaha apa saja, kita akan dukung. Apalagi yang sifatnya menggerakkan ekonomi kerakyatan, pemkab Konawe pasti beri stimulus. Itu lebih penting saya rasa daripada kita bangun kantor. Makanya, sudah 7 tahun lebih rehab kantor Bupati tidak kita lakukan,” ungkap politisi PAN Sultra itu. (adi/adv)