–RAG: Bersama Pemerintah Menciptakan Lapangan Kerja
KENDARIPOS.CO.ID — Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI) Sultra kian memantapkan niat dan langkah berkontribusi dalam pembangunan daerah. Melalui HIPTI, para pengusaha lokal bersama pemerintah bergerak menopang kesejahteraan masyarakat Sultra. Ketua Dewan Pengawas HIPTI Sultra, Rusman Abdul Gani (RAG) mengatakan HIPTI adalah rumah para pengusaha lokal Sultra.

RUSMIN ABDUL GANI

“HIPTI lahir bukan untuk menekan pemerintah tetapi menjadi mitra dan supporting pemerintah dalam menghadirkan lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat. Di dalam HIPTI, banyak pengusaha dari berbagai latar belakang usaha. Dengan kolaborasi para pengusaha dalam HIPTI, akan dapat menciptakan usaha baru dalam jumlah besar dan menyerap tenaga kerja lokal Sultra,” ujar pengusaha yang karib disapa RAG kepada Kendari Pos, Kamis (25/3) kemarin.

Rusmin menegaskan Sultra ini memiliki sumber daya alam yang melimpah. Sumber daya itu mestinya dinikmati masyarakat Sultra. “Kami yang tergabung dalam HIPTI berkeyakinan teguh, tidak lagi memikirkan diri sendiri. Masyarakat Sultra harus bisa merasakan hasil dari sumber daya alamnya. Tidak boleh menjadi penonton di negeri sendiri,” tegas mantan calon Bupati Konawe Selatan (Konsel).

Selain pertambangan, Sultra kaya akan sumber daya alam di bidang pertanian, perkebunan, dan kelautan. Pengusaha yang tergabung dalam HIPTI dapat berkiprah di daerah sendiri untuk mengelola sumber daya alam Sultra. “Bukan tidak mungkin kita bisa membangun industri perkebunan, kelautan, bahkan pertambangan,” ungkap Rusmin.

HIPTI Sultra tidak hanya fokus pada usaha berskala besar seperti konstruksi dan pertambangan. Sektor UMKM akan turut digerakkan dengan melibatkan pengusaha – pengusaha muda. “Pengusaha lokal harus berperan besar karena mereka yang tahu persis keadaan sosial masyarakat Sultra. Kita menjadi jembatan agar sinergi pengusaha lokal, pemerintah dan investor berjalan harmonis untuk masyarakat,” imbuh Rusmin.

Kehadiran organisasi yang baru dideklarasikan 10 Februari 2021 itu diyakini bisa menjadi wadah promosi bagi para pengusaha Sultra. “Kita berharap pelantikan HIPTI Sultra pada 29 Maret nanti menjadi momentum kebangkitan ekonomi baru di Sultra. Kita harus menanamkan mindset bahwa pengusaha lokal pasti bisa bersaing di kancah nasional bahkan internasional,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Bidang Pertambangan dan Energi HIPTI Sultra, Romi Rere mengungkapkan setelah pelantikan, HIPTI akan menggelar rapat kerja untuk menentukan langkah strategis. HIPTI Sultra akan concern agar pengusaha lokal bisa tembus pasar global. Pengusaha lokal, sambungnya, semakin diperhitungkan oleh investor. “Pengusaha lokal khususnya yang ada dalam HIPTI tidak kalah dengan pengusaha lainnya, dan investor tidak usah ragu dengan pengusaha lokal Sultra. HIPTI ini organisasi non politik. Kami siap kawal investasi pengusaha yang mau berinvestasi di Sultra,” kata Romi. (ndi/b)