Aktivitas murid dan orang tua murid SDN 84 Kendari saat mengumpulkan tugas di sekolah.

KENDARIPOS.CO.ID– Menjelang pelaksanaan Ujian Sekolah (US), sejumlah sekolah terus mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk kesiapan siswa. Sebab, ujian itu akan menjadi penentu kelulusan peserta didik. Persiapan dimaksud, mulai dari mental maupun akademiknya.

SDN 84 Kendari juga mematangkan persiapan menghadapi US tersebut. Pihak sekolah mengadakan pengayaan kepada siswa dengan sistem Luar Jaringan (Luring). Ini guna menyiapkan siswa dalam menghadapi US yang akan dilaksanakan di bulan April mendatang.

Kepala SDN 84 Kendari, Asfitriani, M.Pd, mengungkapkan, untuk mengikuti ujian, diperlukan persiapan matang. Tidak bisa hanya mengandalkan proses PBM biasa. Dibutuhkan gebrakan lebih dari apa yang biasa dilakukan.

“Dari awal Februari sampai awal Maret, kami akan terus melakukan pengayaan kepada siswa kelas VI, guna persiapan mengikuti US. Karena sudah setahun ini, tidak ada sama sekali bimbingan khusus kepada siswa. Sehingga kebijakan ini, merupakan sebuah hal yang sangat bagus untuk diterapkan,” ungkap Asfitriani, Rabu (3/3).

Dijelaskan, kegiatan pengayaan dilakukan secara lansung atau home visit. Di mana guru akan melakukan kunjungan ke rumah siswa, untuk memberikan pembelajaran yang menyangkut materi soal US.

“Kami sudah melakukan rapat kepada orang tua siswa. Hasilnya banyak yang menyetujui jika pengayaan dilakukan secara home visit, untuk lebih memaksimalkan proses pembelajaran. Dengan membagi perkelompok maksimal 5 orang. Ini untuk mencegah penyebaran pandemi covid-19,” paparnya.

“Dalam pengayaan, guru akan memberikan materi mulai kelas IV, V, dan VI. Karena soal-soal US, akan diambil dari jenjang kelas tersebut. Sehingga seluruh guru yang mengajar di jenjang kelas itu, terlibat dalam proses pengayaan,” tambahnya.

Wanita berhijab tersebut berharap, kepada seluruh siswa kelas VI, agar fokus belajar. Karena pelaksanaan US tinggal beberapa bulan saja. Oleh karena itu, persiapkan diri dengan baik, sehingga bisa memberikan hasil yang memuaskan nantinya.

“Harapan saya, siswa harus betul belajar lebih giat, kurangi waktu bermain, dan manfaatkan segala akses pembelajaran dengan maksimal. Karena di tengah kondisi seperti saat ini, siswa harus bisa belajar mandiri. Artinya, mereka bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dari mana saja. Untuk itu saya berharap dalam US kali ini, seluruh siswa bisa mendapatkan hasil yang bagus,” pungkasnya. Untuk diketahui, jumlah siswa yang akan mengikuti pelaksanaan US sebanyak 145 orang. (Ilw/b)