KENDARIPOS.CO.ID — Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi, didampingi Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra, bersama Ketua Ikatan Motor Indonesia, Anton Timbang, melepas tur wisata rombongan Komunitas Motor Besar Indonesia (MBI) Jakarta yang melakukan touring jelajah pulau Sulawesi yang diberi nama “Expedisi Celebes”. “Terima kasih sudah mau berkunjung ke Sultra. Sukses dan selamat sampai tujuan,” kata Gubernur, usai melepas rombongan di Rujab Gubernur, Rabu (10/3/2021) pagi.

Gubernur Sultra H. Ali Mazi (Baju putih masker orange) saat acara pelepasan para biker.

Para biker juga menyempatkan makan dan foto bersama. Sebelum pelepasan juga ada pemberian cindramata. “Expedisi Celebes” berlangsung sebagai salah satu wujud rasa syukur club motor tersebut. Ini juga dalam rangka promosi wisata di lokasi-lokasi yang akan dilalui. Komunitas Motor Besar Indonesia (MBI) saat ini sudah memiliki lebih 5.000 orang. Anggota tersebut tersebar pada chapter MBI, yaitu di Jakarta, Cirebon, Tanggerang, Depok, Bekasi, Bandung, Bali, Makassar dan Provinsi lainnya.

Jelajah pulau Sulawesi yang diikuti para biker menggunakan berbagai macam tipe motor yang tentunya memiliki kapasitas mesin diatas 400 cc. Mulai dari merk BMW GS R1200, Harley Davidson, Victory, Suzuki hingga Honda turut meramaikan ekspedisi tersebut.

Ketua IMI Sultra, Anton Timbang menuturkan, komunitas MBI Pusat (Jakarta) memulai perjalanan etape 1 dari Kota Kendari-Bombana-Kolaka. Nah saat di Kendari rombongan yang tiba sejak Selasa (8/3), diajak melihat Kota Kendari hingga santap siang di Kampung Bakau dan mengikuti agenda lainnya.

Kapolda Sultra, Irjen Pol Yan Sultra memberikan Cinderamata.

Kemudian, Etape 2 setelah dilepas Gubernur, biker mengambil rute Kolaka -Malili. Etape 3 Malili-Watampone. “Jadi mereka ini star hari Kamis (11/3) jam 8 pagi dari Kolaka singgah di Tamborasi dan Pantai Biru. Lanjut menuju Kolaka Utara dan nginap di Malili,” sambung Anton Timbang.

Kemudian, lanjut Ketua Kadin Sultra ini, Etape 4 para biker dari Watampone -Tanjung Bira dan finish di Kota Makasar. “Saya juga ingin sampaikan akan ada baksos di Watampone. Jadi memang agenda semua sudah terjadwal,” katanya.

Ketua IMI Sultra, Anton Timbang, memberikan Cindramata.

Anton menambahkan, misi penting dalam ekspedisi kali ini yaitu upaya MBI mengenal lebih dalam kekayaan budaya Indonesia khususnya di wilayah Sulawesi, kemudian memperkenalkan pada dunia mulai dari destinasi wisata di Sulawesi hingga ke kuliner khas Sulawesinya.

Anton juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemprov, Polda dan rekan-rekan pengurus IMI Sultra yang sudah meluangkan waktu dan tenaganya untuk mendampingi dan menjamu biker dari MBI mulai dari tiba sampai dilepas Gubernur. “Kita mendapat salam dari Ketum IMI Pusat Bapak Bamsoet. Pak Ketum ucapkan terima kasih,” tutup Anton Timbang. (KP)