DPRD Kendari Sinkronkan Raperda RT/RW dan LPM – Kendari Pos
Politik

DPRD Kendari Sinkronkan Raperda RT/RW dan LPM


KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kendari kembali menggelar rapat sinkronisasi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) RT/RW dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), kemarin. Itu dilakukan agar produk regulasi bisa mengakomodir seluruh organisasi di Kota Lulo.

Ketua Bapemperda DPRD Kendari Ilham Hamra, menjelaskan, sesuai rujukan Peraturan Menreri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 18 Tahun 2018, lembaga kemasyarakatan bukan hanya RT/RW dan LPM saja. Sehingga, perlu dilakukan singkronisasi agar perda dapat mengakomodir semua lembaga kemasyarakatan, “Sinkronisasi dilakukan agar mengakomodir Lembaga kemasyarakatan lain yang berada di wilayah kelurahan,” ujar politikus Demokrat ini.

Katanya, sinkronisasi yang dilakukan adalah perbaikan judul raperda di Kendari tentang rukun warga, rukun tetangga, dan lembaga pemberdayaan masyarakat sesui rujukan Permendagri. “Pembahasan masih akan terus dilakukan. Selanjutnya, Bapemperda akan kembali menjadwalkan rapat pembahasan raperda tentang RT/RW dan LPM, ” tuturnya.

Terpisah, Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengapresiasi kebijakan DPRD Kendari atas inisiatifnya membuat raperda tentang RT, RW dan LPM. Menurutnya, keputusan itu tepat, karena selaraskan program pemkot; mewujudkan Kendari sebagai kota layak huni bebasis ekologi, informasi dan teknologi.

“Kalau ada payung hukumnya, maka perangkat kelurahan kita akan semakin semangat dalam melaksanakan tugas. Tidak ada keraguan lagi dalam bekerja. Sebenarnya selama ini sudah ada perwali nya, namun rencana adanya perda ini, maka semakin menguatkan peran RT, RW dan LPM,” kata Sulkarnain.

Ketua DPD PKS Kendari ini berharap, nantinya peran RT, RW dan LPM lebih luas serta mampu membantu pemerintah menjalankan pembangunan, serta menjadi sumber data dan informasi yang diperlukan dalam perencanaan dan pengambilan kebijakan.

“Selain dapat menggugah partisipasi masyarakat dalam pembangunan, nantinya peran RT,RW dan LPM tersebut dapat menjadi mediator dan fasilitator bagi penyaluran aspirasi masyarakat, mulai dari tingkat kelurahan sampai tingkat kota sesuai dengan visi Kota Kendari,” pungkasnya.

Sekadar mengingatkan, jumlah perangkat kelurahan (Ketua RT, RW dan LPM) di Kendari 1.540 orang. Rinciannya, ketua RT/RW 1.345 orang dan anggota LPM sebanyak 195 orang. Setiap bulannya, para perangkat kelurahan tersebut menerima upah Rp 400 ribu per orang sesuai Perwali Nomor : 2 tahun 2019. (ags/b)

Ketgam : Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir (kiri) menerima Raperda Insiatif Pembentukan RT, RW dan LPM dari Ketua DPRD Kendari, H. Subhan (kanan) usai sidang paripurna di Aula DPRD Kendari.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy