KENDARIPOS.CO.ID — Warga Kota Kendari tak perlu resah. Kebutuhan pangan jelang Ramadan 1442 Hijriah masih mencukupi. Saat ini, stok pangan di gudang Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sultra masih mencapai ribuan ton. Ketersedian pangan ini masih bisa memenuhi kebutuhan hingga enam bulan ke depan. Kepala Bulog Sultra, Ermin Tora mengungkapkan, ketersediaan pangan yang ada di gudang bulog Sultra tercatat sekira 3.053 ton. Rinciannya, 3.000 ton beras, 30 ton gula pasir, 17 ton terigu dan 6 ton daging sapi. Jumlah tersebut bisa memenuhi kebutuhan warga metro hingga enam bulan ke depan. “Secara umum stok pangan kita masih aman,” ujarnya.

Menurut Ermin, stok pangan yang ada saat ini masih fluktuaktif dan cenderung akan bertambah. Pasalnya, pihaknya masih menyerap beras petani lokal yang ditargetkan tahun ini bakal menyerap sebanyak 45 ribu ton. Sedangkan untuk gula pasir, pihaknya masih menunggu kedatangan sekira 200 ton dari Bulog Pusat. “Kondisinya aman dan harganya juga terjangkau,” tuturnya.

Dengan ketersediaan pasokan yang memadai, pihaknya memastikan stabilitas harga pangan di pasaran tetap terjaga. Bahkan jika kemungkinan terjadi lonjakkan, pihaknya siap menggelar pasar murah untuk memenuhi kebutuhan warga. Harga yang dipatok pun sesuai dengan ketentuan yang berlaku, misalnya harga beras medium sekira Rp 8.600 per kilogram (kg), beras premium Rp 11.200 per kg, terigu Rp 8.300 per kg, gula pasir Rp 12.500 per kg dan daging sapi sekira Rp 90 ribu per kg.

Atas dasar itu, Ermin mengimbau warga metro untuk tidak khawatir dalam memenuhi kebutuhannya. Pihaknya siap melayani warga jika dibutuhkan. Bahkan, untuk memenuhi kebutuhan warga yang sulit menjangkau harga dipasaran, pihaknya selalu membuka gerai dipelataran Kantor Bulog Sultra. “Masyarakat tidak perlu khawatir, Bulog akan selalu hadir untuk masyarakat, memenuhi kebutuhan masyarakat apalagi saat bulan Ramadan nanti. Kami pastikan harga bahan pangan bisa stabil dan bisa dijangkau masyarakat,” kata Ermin Tora. (b/ags)

Stok Pangan di Gudang Bulog
-3 Ribu Ton Beras
(Target Serapan Beras Lokal 45 Ribu Ton)
-30 Ton Gula Pasir
(Tunggu Tambahan 200 Ton)
-17 Ton Terigu
-6 Ton Daging Sapi

Harga Patokan Bulog
Beras Medium Rp 8.600 Per Kg
Beras Premium Rp 11.200 Per Kg
Terigu Rp 8.300 Per Kg
Gula Pasir Rp 12.500 Per Kg
Daging Sapi Rp 90 Ribu Per Kg

Sumber Data : Bulog Sultra