Buka Seleksi Ratusan Pedayung Menuju PON, Agista : Buktikan Kalian Bisa !

KENDARIPOS.CO.ID — Ratusan atlet cabang olahraga dayung Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai mengikuti seleksi daerah (Selekda) menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua Oktober mendatang. Mereka akan bersaing mendapatkan posisi 42 atlet utama terhitung 21-24 Maret 2021 di Asrama Dayung Kota Kendari.

Sejak Sabtu (20/3), para atlet mulai berdatangan seperti dari Muna, Wakatobi, Muna Barat, Konsel, Muna, Kolaka Utara, Konawe Utara, Buton, Buton Utara, Kota Kendari dan daerah lainnya. Pantauan Kendari Pos, Minggu pagi seluruh atlet sudah berkumpul Asrama Dayung. Mereka mengikuti upacara pembukaan Selekda Cabor Dayung yang dibuka secara resmi oleh Ketua Umum KONI Sultra, Agista Ariany Bombai, SE.

Dalam sambutannya, Agista menginginkan seleksi menghasilkan atlet benar-benar terbaik dan tidak ada intervensi dari pihak manapun atau mengandalkan kekeluargaan. Ia juga meminta semua pedayung fokus dalam seleksi jangan terpengaruhi dengan hal lain. “Atlet harus punya semangat memberikan yang terbaik untuk daerah. Kalian bisa membanggakan daerah itu sangat luar biasa. Semua mekanisme dipatuhi. Buktikan kalian bisa menjadi yang terbaik,” tegasnya.

Istri Gubernur Ali Mazi ini juga menekankan pentingnya menerapkan kedisiplinan juga kekompakan dalam tim. “Dengan ucapan bismillahirahmanirahim Selekda Cabor Dayung saya buka secara resmi. Saya sampaikan kita semua harus bersatu demi nama baik daerah,” tutupnya dan langsung melepas pedayung yang mengikuti seleksi.

Sementara itu, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Bimpres) KONI Sultra, Isnain Kimi mengatakan para pedayung akan mengikuti dua seleksi yaitu darat dan laut. “Kalau seleksi laut tes kecepatan di perahu. Kalau darat itu Argo Meter. Jadi masing-masing sudah ada tim penilai yang akan melihat kelayakan atlet,” kata Isnain, di Asrama Dayung, Minggu (21/3/2021) pagi.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Sultra ini mengungkapkan, para atlet yang mengikuti Selekda telah mengikuti TC bayangan tahun lalu. “Intinya kita mencari atlet terbaik menghadapi PON. Semua akan dirangking agar kita mendapatkan 42 orang,” jelasnya.

Isnain berharap seluruh atlet menjaga kebugaran tubuh sehingga bisa menunjukan kemampuan terbaik dalam Selekda, sebab yang terpilih harus benar-benar pedayung tangguh karena lawan yang nantinya dihadapi adalah yang terbaik dari setiap provinsi. “Apalagi kita menargetkan tujuh emas dari cabor ini,” tutupnya. (imn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *