BPKP Pelajari Terobosan OJK dalam Melayani Masyarakat – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

BPKP Pelajari Terobosan OJK dalam Melayani Masyarakat

Tim BPKP Sultra saat berkunjung di Kantor OJK Sultra, Kamis (4/3). Kunjungan ini dalam rangka BPKP Sultra belajar tentang terobosan OJK Sultra dalam melayani masyarakat. (OJK SULTRA FOR KENDARI POS)


KENDARIPOS.CO.ID— Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulawesi Tenggara (Sultra) berkunjung ke Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sultra, Kamis (4/3). Dalam rangka belajar tentang terobosan OJK Sultra dalam melayani masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, BPKP Sultra yang diwakili Titok Septyantono, Kepala Subbagian Umum BPKP Sultra, mempelajari tentang inovasi termasuk internalisasi adaptasi kebiasaan baru akibat pendemik dalam pelayanan masyarakat. Salah satunya yaitu digitalisasi layanan pengaduan melalui Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK) yang sedang tahap diseminasi oleh OJK kepada masyarakat.

BPKP Sultra juga mendalami ruang pelayanan terintegrasi dengan nama ruang Pelaku (Pusat Edukasi, Layanan Konsumen, dan Akses Keuangan UMKM), service level agreement, ruang mediasi, optimalisasi Customer Relationship Management (CRM), psikologi konsumen, berbagai media kontak OJK, hingga mekanisme mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebelum dan setelah pandemik.

“Kami sangat berterima kasih atas sambutan, ilmu, serta pegalaman yang dibagikan OJK Sultra. Layanan masyarakat yang luar biasa telah diterapkan OJK Sultra termasuk inovasinya, akan kami adopsi atau menjadi benchmarking layanan yang akan BPKP Sultra lakukan di masa depan,” ujar Titok, kemarin.

Ridhony mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011, OJK memiliki peran dan kewenangan mengatur dan mengawasi Industri Jasa Keuangan (IJK). Termasuk melakukan berbagai upaya dalam melindungi masyarakat atau konsumen pengguna produk/layanan IJK seperti perbankan, pasar modal, hingga Industri Keuangan Non Bank (IKNB) yang meliputi perasuransian, pembiayaan, pergadaian, dana pensiun, jaminan sosial, lembaga keuangan mikro, dan sebagainya.

OJK Sultra selama tahun 2020 telah berhasil mengelola peningkatan layanan masyarakat yang signifikan mencapai 3.759 layanan. Layanan tersebut belum termasuk layanan kepada stakeholder, baik kemitraan (TPAKD), Satgas Waspada Investasi Daerah (SWID), maupun kehumasan yang ditangani langsung atau dikoordinasikan oleh EPK OJK Sultra.

Beberapa terobosan dalam layanan masyarakat yang dilakukan OJK Sultra dilakukan melalui program budaya kerja. BPKP Sultra sebagai institusi auditor internal pemerintah yang memiliki peran assurance dan consultancy terus berupaya meningkatkan peran dan nilai tambah khususnya terkait layanan kepada masyarakat.

“Kami senang dan bangga dengan kehadiran BPKP Sultra. Semoga ke depan, BPKP dan OJK dapat makin berkolaborasi untuk tumbuh bersama dalam menciptakan layanan prima kepada masyarakat, khususnya di Bumi Anoa” tutur Ridhony. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy