KENDARIPOS.CO.ID — Badan Kepegawaian Negara (BKN) memang belum mengumumkan secara resmi kapan jadwal rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan kuota yang dialokasikan untuk setiap daerah. Sejauh ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) baru menyampaikan jumlah kuota CPNS yang bakal diterima tahun ini, meliputi tenaga teknis, kesehatan dan guru.

Meski belum ada kepastian rekrutmen CPNS tahun 2021, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buton Utara (Butur) telah menyiapkan anggaran untuk membiayai pelaksanaan rekrutmen abdi negara itu. Mulai dari tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB). “Rekrutmen CPNS tahun 2021 masih menunggu pengumuman secara resmi dari BKN. Pemkab Butur telah menyampaikan, jumlah formasi telah diusulkan. Selain itu, untuk membiayai pelaksanaan SKD dan SKB secara mandiri, telah masuk dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD),” ujar Kepala Bidang Mutasi, Pengadaan dan Kedudukan Hukum pada BKPSDM Buton Utara, La Ode Sajali, Jumat (5/3).

La Ode Sajali

Ia menambahkan, jika sewaktu-waktu ada rekrutmen CPNS, maka Pemkab butur sudah mengantisipasinya dengan menyiapkan anggaran pelaksanaan penerimaan. Dari segi anggaran kita sudah menyiapkan Rp 1 miliar,” tambah La Ode Sajali.
Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan apakah Pemerintah Pusat akan mengadakan penerimaan CPNS daerah atau tidak. Sebab hingga kini belum ada informasi resmi “Semoga saja bisa dibuka, karena yang akan pensiun makin bertambah,” tandasnya. (c/had)