KENDARIPOS.CO.ID — Anggaran perjalan dinas alias pelisiran anggota DPRD Sultra tahun ini senilai Rp 11 miliar. Jumlah itu mengalami pengurangan dibandingkan tahun 2020 yang mencapai Rp 23 miliar

Kasubag Program dan Keuangan Sekretariat DPRD Sultra Esaf Saemani mengatakan, alokasi anggaran yang diperuntukan bagi perjalanan dinas anggota DPRD Sultra sejumlah Rp 11 miliar untuk tahun 2021. Dengan volume enam kali dalam setahun. “Artinya melakukan kegiatan perjalanan dinas sebanyak enam kali setiap anggota DPRD, dalam setahun.

Ilustrasi

Ia mencontohkan perjalanan dinas pengawasan. Aktivitas pengawasannya tergantung komisi masing-masing anggota DPRD. Komisi I DPRD melakukan pengawasan pada aspek hukum, komisi II sektor ekonomi, komisi III pada infrastruktur, komisi IV pengawasan dalam bidang kesejahteraan dan lainnya” kata Esaf Saemani saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (9/3).

Tahun 2020, kata dia, anggaran perjalanan dinas anggota DPRD Sultra berjumlah Rp 23 miliar. Tahun ini menjadi berkurang karena dikonversi ke program lain. Yaitu program sosialisasi Perda yang dibentuk bersama pemprov Sultra. Dan juga untuk sosialisasi empat pilar kebangsaan.

“Sosialisasi perda ini merupakan program baru. Pada penjewantahannya memerlukan biaya. Karenanya, anggaran perjalanan dinas tahun ini sebagian dialihkan ke program baru ini,” tandasnya. (ali/b).